Penerapan discovery learning berbantuan koin berwarna dan dadu untuk memahamkan konsep peluang pada mahasiswa STKIP PGRI Lumajang / Dana Arif Lukmana - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan discovery learning berbantuan koin berwarna dan dadu untuk memahamkan konsep peluang pada mahasiswa STKIP PGRI Lumajang / Dana Arif Lukmana

Dana Arif (2016) Penerapan discovery learning berbantuan koin berwarna dan dadu untuk memahamkan konsep peluang pada mahasiswa STKIP PGRI Lumajang / Dana Arif Lukmana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lukmana DanaArif.2015. Penerapan Discovery Learning BerbantuanKoinBerwarnadanDaduUntukMemahamkanKonsepPeluangpadaMahasiswa STKIP PGRI Lumajang.Tesis Program StudiPendidikanMatematika Pascasarjana UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Prof.Drs. GatotMuhsetyo M.Sc (II) Dr.rer.nat. I Made Sulandra M.Si. Kata Kunci Discovery Learning KoinBerwarna Dadu Memahamkan Peluang. Penelitianinidilatarbelakangiolehkesulitan yang dialamimahasiswadalammemahamikonsepmatematika.Hal inidisebabkanolehrendahnyakemampuanberpikirabstrakdankemampuandasarmatematika yang dimilikimahasiswa.Penggunaan model pembelajaran yang tidaksesuai misalnyaceramahdandiskusimembuatmahasiswajenuhdanmenjadipasifsaatpembelajaranberlangsung.Salah satukonsepmatematika yang sulitdipahamiolehmahasiswaadalahkonseppeluang.Untukmengatasimasalahtersebutdiperlukan model pembelajaran yang melibatkanmahasiswasecaraaktif.Model pembelajaran yang sesuaiyaknidiscovery learning. Penggunaankoinberwarnadandadudalamdiscovery learningbertujuanuntukmemudahkanmahasiswadalammemahamikonseppeluang. Tujuanpenelitianiniadalahmendeskripsikanpelaksanaandiscovery learningberbantuankoinberwarnadandaduuntukmemahamkankonseppeluangpadamahasiswa STKIP PGRI Lumajang.Metode yang digunakandalampenelitianiniadalahkualitatifdenganjenisPenelitianTindakanKelas (PTK) denganduasiklus yang tiapsiklusnyaterdiridari (1) Perencanaan (2) Pelaksanaan (3) Observasi dan (4) Refleksi. Data dalampenelitianinimeliputihasilobservasiaktifitasdosen aktifitasmahasiswadanhasiltesakhirsiklus.Sumber data dalampenelitianiniadalahmahasiswakelasA semester III Program StudiPendidikanMatematika STKIP PGRI Lumajangtahunakademik 2015-2016 danpenelitisebagaidosen. Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwapenerapandiscovery learningberbantuankoinberwarnadandadudapatmemahamkankonseppeluangpadamahasiswa denganlangkah-langkahsebagaiberikut (1) Stimulasi Mahasiswadistimulasiuntukmelakukanpenyelidikandengancaramemberikanmasalahsederhanauntukdiselesaikan kemudiandilanjutkandenganmemberikansebuahtantanganberupamasalah yang lebihkompleks (2) Identifikasimasalah Mahasiswadiberikankesempatanuntukmembuathipotesisataudugaanatasjawabantantangan (3) Pengumpulan data Mahasiswamelakukaneksperimendenganmenggunakankoinberwarnamaupundadudanmencatathasilsetiap kali eksperimendilakukan (4) Pengolahan data Mahasiswamengolah data yang diperolehmenjadilebihsederhanauntukditemukanpolanyadan (5) Verfikasi Mahasiswamengujikebenaranpolauntuk data yang lainnya dan (6) Generalisasi Mahasiswamembuatgeneralisasidaripola yang ditemukankemudianmempresentasikangeneralisasi yang sudahdibuat. Berdasarkanhasilpenelitianpadasiklus I rata-rata persentaseaktifitasdosenmencapai 73 2% danpadasiklus II mencapai 81 67%. Padasiklus I rata-rata persentaseaktifitasmahasiswamencapai 74 52% danpadasiklus II mencapai 82 61%. Artinyaaktifitasdosendanaktifitasmahasiswamasukdalamkategoribaik.Padasiklus I persentasemahasiswa yang mencapainilaiketuntasan minimal mencapai 74% danpadasiklus II mencapai 82%.Artinyapersentasemahasiswa yang mencapainilaiketuntasan minimal sudahlebihdari 80%.Rata-rata kesalahankonsep kesalahanprosedurdankesalahanhitung yang dilakukanmahasiswapadatesakhirsiklus I mencapai 37% sedangkanpadatesakhirsiklus II mencapai 28%.Olehkarenaitupenelitiandihentikansetelahsiklus II. Beberapatemuan yang diperolehpenelitiselamamelakukanpenelitianadalahsebagaiberikut (1) Mahasiswadapatmengetahuibagaimanasuaturumusdiperoleh (2) Pembelajaranberlangsungdenganmenyenangkan (3) Mengubahkomposisikelompokmenjadilebihheterogendapatmembuatkinerjakelompokmenjadilebihefektif (4) Memberikankesempatanseluas-luasnyapadasemuamahasiswaterutamapadamahasiswaberkemampuanrendahuntukbertanya menjawabpertanyaan mengemukakanpendapat ataumempresentasikanhasildiskusidapatmenunjangsecaralangsungterhadapcapaiandanprestasimahasiswa (5) Memberikankesempatanpadamahasiswauntukmengerjakanberbagaicontohsoal yang memuatpenggunaankonsep-konsep yang sudahdipelajarisebelumnyadengantingkatkesulitanberagam memberikanmahasiswapengalaman yang cukup sehinggamenunjangcapaiandanprestasimahasiswa (6) Meningkatkanmotivasibelajarmahasiswadenganmemberikandorongandalambentuk kata-kata positifdanpujiansertapenguatandapatmemperbaikipembelajaran. Agarmahasiswaterstimulusmelakukanpenyelidikan dalamtahapstimulasidosenperlumemberikanduaatautigamasalahsederhana yang kompleksitasnyasemakintinggisehinggadiharapkansetelahmenyelesaikansoaltersebutmahasiswamempunyaigambaranbagaimanamenyelesaikanmasalahtantangan.Dalamtahappengolahan data perludipikirkanbagaimanacara agar hasilpenyederhaan data dapat memudahkanmahasiswadalammenemukanpola. Selamapembelajarandengandiscovery learning pendampingansangatdiperlukansehinggasetiaptahapandalamdiscovery learningberjalanefektif di semuakelompok.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59643

Actions (login required)

View Item View Item