Penerapan group investigation berbantuan tangram untuk memahamkan siswa kelas VII tentang transformasi di SMPN 9 Malang / Nina Rinda Prihartiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan group investigation berbantuan tangram untuk memahamkan siswa kelas VII tentang transformasi di SMPN 9 Malang / Nina Rinda Prihartiwi

Nina Rinda (2015) Penerapan group investigation berbantuan tangram untuk memahamkan siswa kelas VII tentang transformasi di SMPN 9 Malang / Nina Rinda Prihartiwi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prihartiwi Nina Rinda. 2015. Penerapan Group Investigation Berbantuan Tangram untuk Memahamkan Siswa Kelas VII tentang Transformasi di SMPN 9 Malang. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Drs. Gatot Muhsetyo M.Sc (II) Dr. Makbul Muksar S.Pd M.Si. Kata Kunci Group investigation tangram pemahaman transformasi Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan group investigation (GI) berbantuan tangram yang dapat memahamkan siswa kelas 7. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dengan subjek penelitian adalah kelas 7D SMPN 9 Malang. Kelas 7D dipilih sebagai subjek penelitian karena mengalami kesulitan dalam memahami transformasi. Pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan 6 fase GI meliputi (1) menyajikan situasi yang rumit (2) menguraikan reaksi terhadap situasi (3) merumuskan masalah (4) kegiatan belajar (5) analisis kemajuan dan (6) proses pengulangan. Pada akhir pembelajaran siswa diberikan pekerjaan rumah yang berguna untuk membantu menguatkan materi pada siswa. Selama kegiatan pembelajaran peneliti menemukan bahwa ketika bilangan bulat negatif digunakan dalam translasi siswa umumnya menemui kesulitan meski sebelumnya telah mampu menjawab soal translasi dengan bilangan bulat nonnegatif dengan benar. Selain itu ketika menggambar ruas garis berarah siswa juga menemui kesulitan ketika nol digunakan misalnya ( 9632 (0 5)). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan GI berbantuan tangram dapat memahamkan siswa mengenai transformasi. Banyaknya kesalahan siswa menurun dari tes 1 ke tes 2. Selain itu banyaknya siswa yang skornya mencapai KKM meningkat 32 03% dari banyaknya siswa yang mengikuti tes. Siswa juga dapat menyebutkan contoh transformasi dalam kehidupan sehari-hari mengetahui sifat bangun setelah dilakukan transformasi serta menemukan pola translasi refleksi dan rotasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Nov 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59642

Actions (login required)

View Item View Item