Syafa'ati, Nafiatus (2015) Penerapan pendekatan keterampilan proses untuk meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas V SDN Sumurgung II Tuban / Nafiatus Syafa'ati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Syafa ati Nafiatus. 2015. Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Untuk Meningkatkan Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SDN Sumurgung 2 Tuban. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sukamti M.Pd (II) Dra. Nihayati S.Pd M.Pd. Kata Kunci pendekatan keterampilan proses pembelajaran IPA. Hasil observasi menunjukkan bahwa pembelajaran IPA siswa kelas V SDN Sumurgung 2 Tuban masih rendah hal ini dapat dilihat dari (1) Aktivitas pembelajaran berpusat pada guru (2) Siswa terlihat pasif (3) Hasil belajar IPA 24 siswa tuntas sedangkan 20 siswa tidak tuntas. Untuk itu perlu adanya penggunaan pendekatan pembelajaran yang dapat melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran yaitu salah satunya Pendekatan Keterampilan Proses. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses pada pembelajaran IPA di kelas V SDN Sumurgung 2 Tuban (2) Aktivitas siswa kelas V SDN Sumurgung 2 Tuban selama penerapan Pendekatan Keterampilan Proses (3) Hasil belajar siswa kelas V SDN Sumurgung 2 Tuban setelah penerapan Pendekatan Keterampilan Proses. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V SDN Sumurgung 2 Tuban tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 44 siswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan empat tahapan yaitu (1) Perencanaan (2) Pelaksanaan (3) Pengamatan (4) Refleksi. Menggunakan tiga cara dalam pengumpulan data yaitu (1) Observasi (2) Tes (3) Dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan tiga cara yaitu reduksi data paparan data dan penyimpulan data. Pendekatan Keterampilan Proses terdiri dari enam tahap yaitu (1) observasi (2) klasifikasi (3) pengukuran (4) komunikasi (5) prediksi (6) inferensi. Hasil penelitian menunjukkan penerapan pendekatan keterampilan proses pada siklus I diperoleh keberhasilan 74 32% dan pada siklus II diperoleh keberhasilan 93 24%. Aktivitas siswa dengan Pendekatan Keterampilan Proses mengalami peningkatan. Hal ini dapat dibuktikan dengan aktivitas belajar pada siklus I memperoleh rata-rata sebesar 61 93% dan pada siklus II 78 31%. Sedangkan peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I mencapai rata-rata ketuntasan sebesar 69 31% dan pada siklus II 92 04%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan Pendekatan Keterampilan Proses dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Sumurgung 2 Tuban materi sifat-sifat cahaya. Disarankan kepada guru atau peneliti lainnya serta kepala sekolah untuk memperhatikan kekurangan dalam penelitian ini yaitu (1) pengaturan waktu yang tepat (2) peningkatan pengorganisasian kelas (3) pemberian motivasi belajar kepada siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 May 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/5964 |
Actions (login required)
View Item |