Pengembangan modul pembelajaran tema Indahnya Kebersamaan untuk siswa kelas IV SDN Girimoyo 3 Kabupaten Malang / Lina Septian Puspitasari

Puspitasari, Lina Septian (2015) Pengembangan modul pembelajaran tema Indahnya Kebersamaan untuk siswa kelas IV SDN Girimoyo 3 Kabupaten Malang / Lina Septian Puspitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Puspitasari, S., Lina. 2015. Pengembangan Modul Pembelajaran Tema Indahnya Kebersamaan untuk Siswa Kelas IV SDN Girimoyo 3 Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Kependidikan Sekolah dan Pra Sekolah, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Suharjo, M.S, M.A, (II) Dr. I Made Suardana, M.Pd. Kata Kunci: pengembangan, modul pembelajaran, tema indahnya kebersamaan, subtema keberagaman budaya bangsaku, kelas IV Sekolah Dasar. Pengembangan modul tema Indahnya Kebersamaan untuk siswa kelas IV yang dilakukan di SDN Girimoyo 3 Kabupaten Malang, merupakan salah satu solusi untuk memecahkan permasalahan yang ditemukan peneliti di lapangan yaitu: (1) terdapat ketidaksesuaian antara uraian materi dengan kegiatan pembelajaran pada buku guru dan buku siswa terbitan Kemendikbud, (2) waktu aktif pembelajaran yang tidak dapat dioptimalkan terbukti dari masih terdapat sisa waktu pembelajaran dengan intensitas 15-20 menit/hari, dan (3) perolehan nilai siswa pada tema Indahnya Kebersamaan subtema Keberagaman Budaya Bangsaku yang masih rendah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menghasilkan produk pembelajaran berupa modul tema Indahnya Kebersamaan yang memiliki kriteria valid dan layak serta efektif digunakan dalam pembelajaran. Rancangan penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari skor validator ahli materi, ahli media, ahli pengguna (guru), dan audience (siswa) serta hasil pre test dan post test. Sedangkan data kualitatif diperoleh dari hasil wawancara dengan guru dan siswa serta saran dan komentar dari validator ahli. Sedangkan untuk prosedur penelitian yang digunakan yaitu: (1) analisis kebutuhan, (2) perencanaan, (3) draft awal, (4) uji validitas, (5) revisi, (6) uji coba kelompok kecil, (7) revisi, (8) uji coba lapangan, (9) revisi akhir, dan (10) desiminasi/ implementasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar wawancara, istrumen validasi ahli materi, media, pengguna, dan audience (siswa) dalam bentuk angket, dan soal pre test dan post test. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan melalui uji validitas, diperoleh kesimpulan bahwa modul tema Indahnya Kebersamaan telah memenuhi kriteria valid dan layak digunakan dalam pembelajaran. Selain itu modul juga memenuhi kriteria efektif digunakan dalam pembelajaran, dilihat dari perhitungan pre test dan post test melalui uji tdependent dimana terjadi perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan modul. Sebagai saran dari peneliti untuk pengguna modul (baik guru maupun siswa), agar lebih memperhatikan setiap petunjuk yang terdapat pada modul. Petunjuk tersebut akan memberikan arahan mengenai cara penggunaan modul baik sebelum, saat menggunakan, maupun setelah menggunakan. Selain itu bagi peneliti lain diharapkan dapat mengembangkan produk modul lainnya untuk membantu mengoptimalkan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5961

Actions (login required)

View Item View Item