Pengembangan video simulasi pelatihan RAT (Rapat Anggota Tahunan) koperasi bagi pengurus koperasi di Balai Diklat Koperasi dan UMKM Jawa Timur Malang / Dimas Maharendra Oktendima - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan video simulasi pelatihan RAT (Rapat Anggota Tahunan) koperasi bagi pengurus koperasi di Balai Diklat Koperasi dan UMKM Jawa Timur Malang / Dimas Maharendra Oktendima

Oktendima, Dimas Maharendra (2016) Pengembangan video simulasi pelatihan RAT (Rapat Anggota Tahunan) koperasi bagi pengurus koperasi di Balai Diklat Koperasi dan UMKM Jawa Timur Malang / Dimas Maharendra Oktendima. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Oktendima Dimas Maharendra. 2015. Pengembangan Video Simulasi Pelatihan RAT (Rapat Anggota Tahunan) Koperasi Bagi Pengurus Koperasi di Balai Diklat Koperasi dan UMKM Jawa Timur Malang. Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Sihkabuden M.Pd (II) Saidah Ulfa S.T. M.Edu. Ph.D. Kata kunci Pengembangan Video Simulasi Pelatihan Rapat Anggota Tahunan Media pembelajaran sebagai salah satu komponen sumber belajar dan merupakan bagian integral dari keseluruhan komponen pembelajaran yang akan turut menentukan keberhasilan penyelanggaraan pembelajaran. Pelatihan di Balai Diklat Koperasi dan UMKM Jawa Timur Malang berbantukan modul dinilai kurang dapat menambah pemahaman peserta pedidikan dan pelatihan. Maka dari itu tujuan dari pengembangan ini adalah menghasilkan produk berupa video tervalidasi serta menguji kefektifan media video tersebut. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini diadopsi dari model pengembangan Borg dan Gall (1983) sebagai dasar pengembangan media pembelajaran interaktif. Terdapat tujuh tahapan dalam pengembangan media pembelajaran interaktif ini yaitu (1) research and information colletion (penelitian dan pengumpulan data) (2) planning (perencanaan) (3) develop preliminary form of product (pengembangan draft produk awal) (4) preliminary field testing (uji coba awal) (5) main product revision (revisi hasil uji coba) (6) main field testing (uji lapangan produk utama) dan (7) revision and final product (revisi pemakaian produk). Hasil pengembangan media video ini dinyatakan dalam kualifikasi valid/layak berdasarkan analisis sebagai berikut validasi ahli media 85% ahli materi 92 5% uji coba perorangan 70% dan uji coba kelompok besar 84 3% sedangkan pada tes hasil belajar menunjukkan bahwa video ini efektif digunakan dalam pembelajaran dengan perolehan 14 dari 20 siswa atau 70% yang telah mencapai KKM. Saran yang diajukan kepada widyaiswara video simulasi ini hendaknya dapat dijadikan inovasi dalam proses pendidikan dan pelatihan di kelas. pengembang selanjutnya hendaknya dapat menghasilkan produk pengembangan lebih baik lagi dan tepat sasaran dengan tema yang lainnya agar proses pendidikan dan pelatihan dapat berjalan dengan lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/596

Actions (login required)

View Item View Item