peningkatan keterampilan menyimak dongeng melalui media audio visual interarktif di kelas III SDN Sumber 02 Kabupaten Blitar / Nasa Barcelona Marhaenis - Repositori Universitas Negeri Malang

peningkatan keterampilan menyimak dongeng melalui media audio visual interarktif di kelas III SDN Sumber 02 Kabupaten Blitar / Nasa Barcelona Marhaenis

Marhaenis, Nasa Barcelona (2015) peningkatan keterampilan menyimak dongeng melalui media audio visual interarktif di kelas III SDN Sumber 02 Kabupaten Blitar / Nasa Barcelona Marhaenis. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Marhaenis Nasa Barcelona. 2015. Peningkatan Keterampilan Menyimak Dongeng melalui Media Audio Visual Interaktif di Kelas 3 SDN Sumber 02 Kabupaten Blitar. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Suminah S.Pd M.Pd (II) Drs. Santoso Yoewono Kata Kunci peningkatan keterampilan menyimak dongeng audio visual 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil observasi pembelajaran menyimak dongeng di kelas III SDN Sumber 02 ditemukan (1) siswa tidak dapat menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru setelah menyimak dan (2) Siswa kesulitan dalam menceritakan kembali isi dongeng yang dibaca. Hasil belajar siswa pada tahap pratindakan belum mencapai ketuntasan yang ditentukan secara klasikal yaitu sebesar 45 45 % dari 22 siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penerapan media audio visual interaktif untuk meningkatkan kemampuan menyimak dongeng siswar (2 mendeskripsikan peningkatan kemampuan menyimak dongeng siswa kelas 3 SDN Sumber 02 Kecamatan Sanankulon Kabupaten Blitar dengan media audio visual interaktif. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan melalui 2 siklus dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas 3 yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi tes tertulis dokumentasi dan catatan lapangan. Instrumen penelitian yang dilengkapi pedoman observasi dan lembar tes akhir. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa pada tahap pratindakan adalah 59 % dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 45 45 %. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran pada tahap pratindakan memperoleh kualifikasi nilai sangat kurang. Pelaksanaan pembelajaran melalui media audio visual interaktif dilaksanakan melalui 2 siklus pada siklus 1 nilai rata-rata yang diperoleh adalah 72 68 % dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 68 18% persentase tersebut termasuk kualifikasi cukup. Pada silus 2 nilai rata-rata yang diperoleh sudah meningkat dibandingkan pada siklus 1 yaitu rata-rata 80 04% dengan jumlah ketuntasan klasikal sebesar 90 90%. Kemampuan memahami isi bacaan siswa kelas 3 mengalami peningkatan pada setiap siklus meskipun terdapat 2 siswa yang belum mencapai ketuntasan individu tapi sudah mecapai ketuntasan klasikal pada siklus 2. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan media audio visual interaktif dapat meningkatkan kemampuan menyimak dongeng dalam menceritakan kembali isi dongeng yang dibaca secara tertulis dengan memperhatikan kesesuaian isi cerita keruntutan penceritaan dan pilihan kata yang digunakan dengan demikian guru diharapkan menggunakan media audio visual interaktif terutama materi menceritakan kembali isi dongeng yang dibaca agar siswa dapat meningkatkan hasil belajarnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5959

Actions (login required)

View Item View Item