Analisis penggunaan diksi dalam karangan naratif siswa kelas V SDN Cemorokandang 02 Malang / Amalia Rizki Ardiansyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis penggunaan diksi dalam karangan naratif siswa kelas V SDN Cemorokandang 02 Malang / Amalia Rizki Ardiansyah

Ardiansyah, Amalia Rizki (2015) Analisis penggunaan diksi dalam karangan naratif siswa kelas V SDN Cemorokandang 02 Malang / Amalia Rizki Ardiansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ardiansyah Amalia Rizki. 2015. Analisis Penggunaan Diksi dalam Karangan Naratif Siswa Kelas V SDN Cemorokandang 02 Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. A. Badawi S.Pd M.Pd (II) Drs. Achmad Taufiq M.Pd. Kata Kunci diksi karangan naratif siswa kelas V sekolah dasar. Diksi atau pilihan kata memiliki peran penting dalam sebuah tulisan. Menulis membutuhkan rangkaian kata yang disusun sedemikian rupa sehingga menghasilkan tulisan yang mudah dipahami oleh pembaca. Diksi adalah pilihan kata yang digunakan dalam tulisan agar pembaca tidak salah menginterpretasikan arti yang disampaikan oleh penulis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan diksi dalam karangan naratif siswa kelas V SDN Cemorokandang 02 Malang yang meliputi bentuk diksi yang digunakan beserta ketepatan penggunaan diksi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sesuai dengan tujuan penelitian instrumen dalam penelitian ini adalah tes menulis karangan naratif sebagai instrumen utama beserta panduan kodifikasi dan analisis data sebagai instrumen pembantu. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Cemorokandang 02 Malang. Berdasarkan uraian paparan data hasil penelitian dari hasil tes mengarang 35 siswa 3 karangan siswa diantaranya tidak layak dianalisis karena jumlah kalimat dalam karangan berkisar 3-6 kalimat dan susunan kata sangat rancu. Pada 32 karangan siswa layak dianalisis terdapat penemuan sebanyak 5 siswa yang sangat tepat penggunaan diksinya 5 siswa penggunaan diksinya masuk dalam kategori cukup tepat 13 siswa penggunaan diksinya kurang tepat dan 9 siswa yang tidak tepat dalam penggunaan diksinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan diksi dalam karangan naratif siswa kelas V SDN Cemorokandang kurang baik. Penguasaan ketepatan diksi di kelas V masih minim karena hanya terdapat 2 siswa yang penggunaan diksinya tepat 100%. Bentuk diksi yang paling banyak digunakan adalah kata denotatif dan yang paling jarang digunakan adalah kata abstrak. Bentuk ketidaktepatan penggunaan diksi yang paling banyak ditemukan adalah siswa kesulitan memilih paduan kata yang tepat sehingga susunan kalimat tidak mudah dimengerti oleh pembaca. Berdasarkan hasil penelitian dikemukakan saran sebagai berikut (1) Guru sebagai tenaga pengajar diharapkan memberikan kesempatan lebih banyak pada siswa untuk memperoleh wawasan tentang diksi mengarahkan siswa untuk lebih banyak membaca agar penguasaan diksi dan kosakata meningkat sehingga siswa dapat menulis karangan yang lebih baik (2) Peneliti selanjutnya diharapkan untuk melakukan penelitian tentang penggunaan diksi dalam karangan naratif siswa di lingkungan yang berbeda serta mengembangkan aspek penelitian yang tidak terdapat pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5958

Actions (login required)

View Item View Item