Budiastri, Nurriza (2015) Hubungan perhatian orang tua dan ketersediaan sumber belajar di rumah dengan hasil belajar siswa kelas V SDN Segugus VI Kecamatan Turen Kabupaten Malang / Nurriza Budiastri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Budiastri Nurriza. 2015.Hubungan antara Perhatian Orang Tua dan Ketersediaan Sumber Belajar di Rumah dengan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Segugus VI Kecamatan Turen Malang. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Sa dun Akbar M.Pd (II) Drs. Heru Agus Tri Widjaja M.Pd. Kata Kunci Perhatian Orang Tua Ketersediaan Sumber Belajar di Rumah Hasil Belajar Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) perhatian orang tua (2) ketersediaan sumber belajar dirumah (3) hasil belajar (4) hubungan antara perhatian orang tua dengan hasil belajar (5) hubungan antara ketersediaan sumber belajar di rumah dengan hasil belajar (6) hubungan antara perhatian orang tua dan ketersediaan sumber belajar di rumah dengan hasil belajar siswa kelas V SDN Segugus VI Kecamatan Turen Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancanganpenelitian Korelasional.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SDN Segugus VI Kecamatan Turen Malang yang berjumlah 174 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 67 siswa. Instrumen pengumpul data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif korelasi dan korelasi ganda dengan bantua program SPSS 18 for Windows Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) besarnya skor rata-rata perhatian orang tua siswa (X1) sebesar 56 5 termasuk dalam kategori sedang. (2) Skor rata-rata untuk ketersediaan sumber belajar di rumah siswa (X2) sebesar 34 8 termasuk dalam kategori cukup. (3) Nilai rata-rata hasil belajar siswa (Y) sebesar 66 8 termasuk dalam kategori baik. (4) Besarnya nilai rhitung untuk hubungan antara perhatian orang tua (X1) dengan hasil belajar (Y) siswa sebesar 0 521 menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan. (5) Besarnya nilai rhitung untuk hubungan antara ketersediaan sumber belajar di rumah (X2) dengan hasil belajar (Y) siswa sebesar 0 592 menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan. (6) Besarnya nilai rhitung hubungan perhatian orang tua (X1) dan ketersediaan sumber belajar di rumah (X2) dengan hasil belajar (Y) siswa sebesar 0 632 menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan. Di sarankan bagi orang tua untuk lebih meningkatkan perhatiannya kepada siswa utamanya berkaitan dengan hal-hal yang dapat menunjang aktivitas belajar siswa ketika di rumah baik dalam bentuk penyediaan fasilitas belajar pengawasan kegiatan belajar serta membantu siswa mengatasi kesulitan belajarnya. Selain itu orang tua diharapkan dapat mendorong siswa untuk dapat memanfaatkan segala macam sumber belajar yang ada di rumah karena dengan adanya sumber belajar dan pemanfaatan sumber belajar hal tersebut dapat mendorong siswa untuk belajar secara mandiri dan memperoleh pengetahuan yang lebih luas. Saran kepada peneliti selanjutnya agar memperdalam penelitian tentang faktor-faktor selain dalam penelitian ini yang mempengaruhi hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 May 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/5957 |
Actions (login required)
View Item |