Hubungan antara tingkat pendidikan orang tua dengan hasil belajar peserta didik sekolah dasar di Kabupaten Probolinggo / Dedis Imaniar Kusumaningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara tingkat pendidikan orang tua dengan hasil belajar peserta didik sekolah dasar di Kabupaten Probolinggo / Dedis Imaniar Kusumaningrum

Kusumaningrum, Dedis Imaniar (2015) Hubungan antara tingkat pendidikan orang tua dengan hasil belajar peserta didik sekolah dasar di Kabupaten Probolinggo / Dedis Imaniar Kusumaningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kusumaningrum Dedis Imaniar. 2015.Hubungan Antara Tingkat Pendidikan Orang Tua dengan Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar di Kabupaten Probolinggo. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Sri Harmini S.Pd. M.Pd (II) Dra. Sudarsini M.Pd. Kata Kunci Tingkat pendidikan orang tua hasil belajar peserta didik dan SD Keberhasilan peserta didik sekolah dasar tidak hanya ditentukan oleh keberhasilan belajar di sekolah tetapi juga ditentukan oleh orang tua. Studi awal yang dilakukan ditemukan gejala yang menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik masih kurang baik dan pendidikan orang tua masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk (1)mendeskripsikantingkat pendidikan orang tua peserta didik sekolah dasar di Kabupaten Probolinggo (2) mendeskripsikanhasil belajar peserta didik sekolah dasar di Kabupaten Probolinggo dan (3) mendeskripsikan hubungan antara tingkat pendidikan orang tua dengan hasil belajar peserta didik sekolah dasar di Kabupaten Probolinggo. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Rancangan penelitian ini yaitu rancangan korelasional. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik penyebaran kuisioner dan soal tes. Analisis data dilakukan dengan analisis deskritif dan analisis korelasional. Tingkat pendidikan orang tua yang sangat tinggi sebesar 11 99% tinggi sebesar 31 87% rendah sebesar 45 03% dan sangat rendah sebesar 11 11%. Hasil belajar peserta didik sekolah dasar kelas IV di Kabupaten Probolinggo bervariasi mulai dari hasil belajar peserta didik sekolah dasar di Kabupaten Probolinggo yang sangat baik sebesar 11 11% yang memperoleh hasil belajar baik sebesar 31 87% yang memperoleh hasil belajar kurang baik sebesar 46 49% dan peserta didik yang hasil belajarnya masuk kategori sangat kurang sebesar 10 53%. Hasil analisis data dengan rumus koefisien korelasi Jaspen s nilai koefisien korelasi yang diperoleh 0 00000305 berarti hubungan antaratingkat pendidikan orang tua dengan hasil belajar peserta didik sekolah dasar di Kabupaten Probolinggo sangat rendah atau lemah sekali. Berarti tingkat pendidikan orang tua tidak selalu menjadi hubungan terhadap keberhasilan belajar peserta didik sekolah dasar di Kabupaten Probolinggo. Masih ada faktor lingkungan sarana dan prasarana dan sumber media pembelajaran yang memiliki hubungan dengan hasil belajar peserta didik. Sebaiknya guru lebih banyak mengulang kembali materi-materi yang kurang dipahami peserta didik khususnya peserta didik yang hasil belajarnya rendah. Guru sebaiknya memberi perhatian lebih kepada peserta didik yang tingkat pendidikan orang tuanya rendah agar bisa sejajar dengan peserta didik lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5956

Actions (login required)

View Item View Item