Mohammad Khafid (2011) Penerapan model pembelajaran interaktif untuk meningkatkan hasil belajar operasi hitung bilangan bulat siswa kelas IV SD Islam Kardina Massa Blitar / Mohammad Khafid Irsyadi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tesis Program Studi Pendidikan Matematika SD Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr.H. Subanji M.Si (II) Dr. Swasono Raharjo M.Si. Kata Kunci Interaktif Operasi Hitung Bilangan Bulat. Pembelajaran matematika di Sekolah Dasar menuntut siswa untuk lebih memahami konsep-konsep dasar. Operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat merupakan hal yang penting. Sedangkan kondisi di lapangan menunjukkan bahwa penguasaan siswa terhadap operasi hitung penjumlahan dan pengurangan kecenderungan siswa hanya menghafal. Oleh karena itu diperlukan model pembelajaran yang membuat siswa lebih aktif terhadap operasi hitung penjumlahan dan pengurangan yaitu dengan model pembelajaran interaktif. Penelitian ini bertujuan menghasilkan desain pembelajaran interaktif untuk meningkatkan hasil belajar operasi hitung bilangan bulat siswa kelas IV SD Islam Kardina Massa Blitar. Pembelajaran interaktif memiliki sintaks yaitu (1) fase pengantar (introduction) (2) fase aktivitas atau pemecahan masalah (activity/problem solving) (3) fase saling membagi dan diskusi (sharing and discussing) (4) fase meringkas (summarizing) dan (5) fase penilaian (assessment of learning of unit material). Pembelajaran interaktif yang dapat meningkatkan hasil belajar dilakukan dengan langkah sebagai berikut fase pengantar (introduction) guru mengorganisasikan kelas dengan membentuk kelompok membuat asosiasi bilangan bulat dengan gambar manik-manik dan membagikan LKS. Fase aktivitas atau pemecahan masalah (activity/problem solving) siswa menjawab latihan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dalam kelompok dan guru berkeliling dengan mengamati mendengar serta menjawab pertanyaan siswa yang mengalami kesulitan. Fase saling membagi dan diskusi (sharing and discussing) siswa mengumpulkan ke guru hasil penyelesaian operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dari hasil diskusinya. Fase meringkas (summarizing) siswa membuat catatan apa yang telah dipelajari pada saat itu dilembar aktivitas 3. Fase Penilaian (assessment of learning of unit material) siswa mengerjakan tes pada lembar aktivitas 4 setelah pembelajaran interaktif. Dari pengamatan aktivitas terhadap guru dan siswa diperoleh hasil 94% pada katagori sangat baik. Hasil tes akhir siklus II diperoleh presentase ketuntasan klasikal sebesar 97% yang mengalami peningkatan dibandingkan siklus I sebesar 63%. Rata-rata skor tes akhir siklus II sebesar 85.5 yang mengalami peningkatan dibandingkan siklus I sebesar 77.67. Peningkatan rata-rata kelas ini pada katagori sangat baik. Hasil wawancara menujukkan juga bahwa siswa antusias dengan adanya model pembelajaran interaktif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Jul 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/59548 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |