Adrianus Fua (2010) Pembelajaran used of models tentang sifat-sifat operasi bilangan cacah bagi siswa kelas IV sekolah dasar / Adrianus Fua Radja. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Kata Kunci Pembelajaran Used of models sifat-sifat Operasi penjumlahan. Model pembelajaran matematika Used of Models merupakan model pembelajaran yang merujuk pada pendekatan pembelajaran matematika realistik (PMR) khususnya karateristik used of models dengan menggunakan alat bantu pembelajaran berupa alat peraga/bahan manipulatif. Indikator keberhasilan pembelajaran matematika Used of Models adalah siswa mampu (a) memanipulasi bahan manipuatif (b) membuat dan membaca diagram dan (c) membuat abstrak atau notasi matematik dari konsep matematika tertentu. Permasalahan mendasar penelitian ini adalah apa desain (wujud) pembelajaran Used of Models itu dan bagaimana penerapannya dalam memahamkan siswa tentang sifat-sifat penjumlahan bilangan cacah bagi siswa kelas IV Sekolah Dasar Katolik Sang Timur Malang. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh (wujud) desain pembelajaran used of models dan cara menerapkan pembelajaran used of models tentang sifat-sifat penjumlahan bilangan cacah bagi siswa kelas IV SDK Sang Timur Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan model penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan dilaksanakan terhadap model pembelajaran yang ingin dikembangkan oleh peneliti yaitu pembelajaran matematika Used of Models dengan menggunakan bahan manipulatif Blok Dienes. Langkah-langkah pembelajaran sebagai berikut perencanaan tindakan pengamatan dan refleksi sebagai suatu siklus dan dapat dilaksanakan secara berulang sampai menjacapai tujuan penelitian. Untuk penelitian ini kegiatan dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini menghasilkan temuan-temuan berikut (1) penggunaan Blok Dienes sangat membantu siswa memahami sifat-sifat penjumlahan bilangan cacah yang ditunjukkan dengan perolehan rerata skor pos tes siswa 83 33% dengan kategori baik (2) kemampuan guru mengelola pembelajaran memperoleh rerata skor 93 94% atau kategori sangat baik (3) aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran memperoleh skor 92 76% dengan kategori sangat baik dan (4) skor kemampuan used of models siswa adalah 88 96% atau dengan kategori sangat baik. Hasil-hasil tersebut ditunjang lagi oleh hasil wawancara dan angket siswa yang menunjukkan nilai sangat baik. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran used of models efektif dalam memahamkan siswa tentang sifat-sifat operasi penjumlahan bilangan cacah bagi siswa kelas IV SDK Sang Timur Malang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas disarankan agar (1) guru matematika dapat menggunakan Blok Dienes dalam mengajarkan operasi penjumlahan bilangan cacah sampai ribuan (2) guru matematika dapat menggunakan pendekatan pembelajaran used of models (3) peneliti berikutnya dapat memusatkan perhatian pada kegiatan belajar siswa (4) pihak sekolah dapat menyediakan dana untuk memfasilitasi pembelajaran used of models (5) guru dapat berperan sebagai fasilitator mediator motivator dan intervensionis dan (6) guru matematika dapat memperhatikan beberapa kendala dalam pembelajaran used of models.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Feb 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/59539 |
Actions (login required)
View Item |