Nisa, Fatma Khoirun (2015) Pengembangan media papan flanel pada pembelajaran subtema Lingkungan Sekolahku kelas 1 SDN Tumpang 01 Kabupaten Malang / Fatma Khoirun Nisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Nisa FatmaKhoirun. 2015. Pengembangan Media PapanFlanelpadaPembelajaranSubtemaLingkunganSekolahkuKelas I SDNTumpang 01 Kabupaten Malang.Skripsi Program StudiPendidikan Guru SekolahDasar JurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolah FakultasIlmuPendidikan UniversitasNegeri Malang.Pembimbing (I)Drs. Sumanto M.Pd (II) Drs. Rumidjan M.Pd. Kata Kunci Media PapanFlanel SubtemaLingkunganSekolahku Kelas I SD Padakegiatanpembelajaranmeskipun guru sudahmenggunakanbuku guru bukusiswa danlingkungansekolahsebagaisumberbelajar tetapimasihdiperlukan media visual untukmenyampaikankonsepsekaligusmengaktifkansiswadalampembelajaran.Berdasarkanwawancaratidaktertulisdanobservasiyang dilakukan di kelas I SDN Tumpang 01 diketahuibahwa media yang digunakan guru dalampembelajaranberupa media papanflanelkurangmenarik sehinggasiswakurangtertarikdankurangtermotivasidalammengikutikegiatanpembelajaran.Sehingga diperlukan media pembelajaran yang menarikuntukmengaktifkansiswa. Tujuanpenelitianpengembanganiniyaitumenghasilkanproduk media papanflanelbesertaitemnyapadaSubtemaLingkunganSekolahku pembelajaran 2 pembelajaran 4 danpembelajaran 5 yang valid praktis menarik danefektif yang dilengkapidenganbukupetunjukpenggunaan media danRPP. Metodologipenelitianpengembanganinimenggunakan model pengembangandariSadiman dkkyang dimodifikasi yaitu 1) identifikasikebutuhan 2) perumusantujuanpembelajaran 3) perumusanbutir-butirmateri 4) pengembanganalatpengukurkeberhasilan 5) penulisannaskah media 6) pembuatan media 7) validasiahlidan guru 8) revisi media dan 9) ujicoba. Produk yang dihasilkandalampenelitianpengembangan antara lain papanflanel itempapanflanelpembelajaran 2 pembelajaran 4 pembelajaran 5 kantongitempapanflanel bukupetunjukpenggunaan media papanflanel dan RPP. Hasilvalidasidariahli media produkdinyatakan valid. Hasilvalidasidariguru danhasilobservasi produkdinyatakanpraktisdanmenarik.Hasildarinilaitessiswa produkdinyatakanefektifdalampembelajaran.Padapembelajaran gurumenggunakan media papanflanel bukusiswa dansumberbelajar. Selainitu siswaaktif tertarik dansenangketikamenggunakan media papanflanel. Berdasarkanpenelitiandanpengembangantersebut dapatdisimpulkanbahwamedia papanflanelbesertaitemnyadinyatakanvalid praktis menarik danefektifuntukdigunakanpadaSubtemaLingkunganSekolahku pembelajaran 2 pembelajaran 4 danpembelajaran 5. Saran pemanfaatansebaiknyamedia papanflaneldiujicobakanpadaskalayang lebihluasuntukmengetahuitingkatvaliditas kemenarikan kemudahan dankeefektifan media jikadigunakanpadaskalaluas.Selain media papanflanel guru perlumenggunakanbukusiswadansumberbelajar lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 May 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/5953 |
Actions (login required)
View Item |