Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis mind mapping untuk membangun kemampuan komunikasi matematis siswa SMP kelas VIII pada materi lingkaran / Nurul Fitriyatul Jannah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis mind mapping untuk membangun kemampuan komunikasi matematis siswa SMP kelas VIII pada materi lingkaran / Nurul Fitriyatul Jannah

Jannah, Nurul Fitriyatul (2014) Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis mind mapping untuk membangun kemampuan komunikasi matematis siswa SMP kelas VIII pada materi lingkaran / Nurul Fitriyatul Jannah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Jannah Nurul Fitriyatul. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Mind Mapping untuk Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Kelas VIII pada Materi Lingkaran. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Abdur Rahman As ari M.Pd M.A. Kata Kunci perangkat pembelajaran mind mapping kemampuan komunikasi matematis lingkaran 12288 12288 12288 12288 12288 Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis mind mapping untuk membangun kemampuan komunikasi matematis siswa SMP kelas VIII pada materi lingkaran yang valid dan efektif. 12288 12288 12288 12288 12288 Model pengembangan yang digunakan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran ini adalah model pengembangan Plomp. Langkah-langkah yang dilaksanakan yaitu penelitian awal tahap pengembangan prototipe dan tahap evaluasi. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Lembar Kerja Siswa dan soal uji kompetensi. 12288 12288 12288 12288 12288 Perangkat pembelajaran yang telah disusun kemudian divalidasi oleh tiga validator satu validator ahli yaitu dosen matematika UM dan dua validator praktisi yaitu guru matematika SMP. Berdasarkan hasil validasi dari tiga validator diperoleh skor kevalidan Rencana Pelaksanaan pembelajaran sebesar 4 5 skor kevalidan Lembar Kerja Siswa sebesar 4 4 dan skor kevalidan soal uji kompetensi sebesar 4 3. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis mind mapping untuk membangun kemampuan komunikasi matematis pada materi lingkaran dinyatakan valid. 12288 12288 12288 12288 12288 Perangkat pembelajaran yang sudah valid kemudian diuji cobakan pada kelompok kecil untuk melihat keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Keefektifan perangkat pembelajaran dilihat dari hasil pengerjaan soal uji kompetensi. Berdasarkan analisis data hasil pengerjaan soal uji kompetensi diperoleh skor keefektifan produk sebesar 33 075. Sehingga dapat dinyatakan bahwa perangkat pembelajaran berbasis mind mapping untuk membangun kemampuan komunikasi matematis pada materi lingkaran efektif untuk digunakan. 12288 12288 12288 Beberapa saran terkait penelitian ini yaitu (1) perangkat pembelajaran yang dihasilkan dapat dijadikan sebagai alternatif perangkat pembelajaran materi lingkaran (2) perlu adanya pengembangan perangkat pembelajaran berbasis mind mapping untuk membangun kemampuan komunikasi matematis pada materi yang lain (3) para peneliti dapat mengkaji aspek yang belum tercapai secara maksimal untuk memberikan solusi terhadap masalah tersebut (4) peneliti selanjutnya dapat melakukan uji coba untuk produk yang telah direvisi tetapi belum sempat diuji cobakan dan (5) pengujian keefektifan perangkat pembelajaran sebaiknya tidak hanya melalui hasil pengerjaan soal uji kompetensi tetapi melalui penilaian terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Oct 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59527

Actions (login required)

View Item View Item