Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) dan scaffoldingnya / Yayuk Kuswanti

Kuswanti, Yayuk (2018) Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) dan scaffoldingnya / Yayuk Kuswanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Kuswanti, Yayuk. 2018. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) dan Scaffoldingnya. Tesis. Jurusan Pendidikan Matematika. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sudirman, M.Si., (II) Prof. Dr. Toto Nusantara, M.Si. Kata kunci: SPLTV, kesalahan, NewmanÔÇÖs Error Analysis, scaffolding. Pembelajaran matematika di sekolah seharusnya berkaitan juga dengan pengaplikasian matematika dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini bertujuan untuk membantu siswa mendapatkan kemampuan dan kecakapan dalam menyelesaikan masalah secara lugas, rasional, dan tuntas. Masalah matematika yang sering dijumpai biasanya berupa soal cerita. Salah satu materi wajib yang harus diperoleh siswa kelas X dan sering menjadi masalah bagi siswa adalah Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV). Pada studi pendahuluan ditemukan bahwa siswa kelas X di Madrasah Aliyah Al IrtiqoÔÇÖ masih banyak melakukan kesalahan dalam menyelesaikan masalah SPLTV. Kesalahan yang dilakukan siswa tersebut, kemudian dijelaskan berdasarkan NewmanÔÇÖs Error Analysis. Selanjutnya untuk membantu siswa memperbaiki kesalahannya, penelitian ini mengaplikasikan scaffolding. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa kelas X Madrasah Aliyah Al IrtiqoÔÇÖ saat mengerjakan masalah SPLTV dan pelaksanaan scaffolding untuk membantu siswa memperbaiki kesalahannya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Instrumen utama pada penelitian ini adalah peneliti. Sedangkan instrumen pendukung pada penelitian ini adalah soal tes, pedoman wawancara, pedoman scaffolding, dan alat bantu lainnya (kamera dan alat perekam). Data dari penelitian ini berasal dari hasil validasi instrumen, uraian jawaban siswa pada tes awal dan tes akhir, dan transkrip saat pemberian scaffolding. Subjek penelitian ini adalah 3 dari 18 siswa yang diberikan tes awal dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek yang memiliki kemampuan matematika rendah melakukan kesalahan pada memahami masalah, mentransformasi masalah, keterampilan proses, dan menuliskan jawaban akhir. Untuk membantu memperbaiki kesalahan subjek tersebut, scaffolding yang diaplikasikan adalah scaffolding level 2 explaining dan reviewing. Subjek yang memiliki kemampuan matematika sedang melakukan kesalahan pada mentransformasi masalah, keterampilan proses, dan menuliskan jawaban akhir. Scaffolding untuk membantu subjek tersebut memperbaiki kesalahannya adalah scaffolding level 2 dan level 3, yaitu explaining, reviewing, restructuring, dan developing conceptual thinking. Subjek yang memiliki kemampuan matematika tinggi, melakukan kesalahan pada membaca masalah, mentransformasi masalah, keterampilan proses, menuliskan jawaban akhir, dan kesalahan karena kecerobohan. Untuk membantu subjek memperbaiki kesalahannya tersebut, scaffolding level 2 dan level 3, yaitu explaining, reviewing, restructuring, dan developing conceptual thinking diaplikasikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan scaffolding level 2 (explaining, reviewing, dan restructuring) dan level 3 developing conceptual thinking dapat membantu siswa menyadari dan memperbaiki kesalahannya. Hal ini didukung dengan subjek penelitian yang mampu menyelesaikan masalah pada tes akhir secara tepat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59525

Actions (login required)

View Item View Item