A comparative analysis of the tasks from the selected mathematics textbooks of Singapore and Indonesia in Pythagorean theorem unit / Varetha Lisarani

Lisarani, Varetha (2018) A comparative analysis of the tasks from the selected mathematics textbooks of Singapore and Indonesia in Pythagorean theorem unit / Varetha Lisarani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Lisarani, Varetha. Analisis Perbandingan Tugas dalam Buku Teks Matematika Terpilih dari Singapura dan Indonesia pada Materi Teorema Pythagoras. Tesis, Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. I Nengah Parta, S.Pd, M.Si, (2) Drs. Tjang Daniel Chandra, M.Si, Ph.D. Kata Kunci: Tugas, Buku Teks Matematika, Singapura, Indonesia, Teorema Pythagoras Mengikuti perubahan kurikulum di Indonesia pada tahun 2013, pemerintah telah menerbitkan buku teks untuk tiap mata pelajaran untuk digunakan secara nasional. Buku tuks tersebut didesain berdasarkan pendekatan saintifik dan asesmen otentik, namun berdasarkan penelitian terdahulu, banyak saran diajukan untuk mengembangkan buku teks yang lebih baik. Buku teks adalah bagian integral dalam proses belajar dan mengajar matematika karena bagaimana matematika disusun dna disajikan dalan buku teks akan mempengaruhi bagaimana siswa membangun suatu ide matematika, sehingga penelitian yang berfokus pada analisis buku teks khususnya buku teks dari berbagai negara mengalami peningkatan. Bagaimanapun, kebanyakan penelitian terdahulu hanya berfokus pada relevansi buku teks dengan kurikulum, namun faktanya kita bisa menggunakan tugas dalam buku teks sebagai jendela untuk melihat pengalaman belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tugas yang termuat dalam buku teks matematika Indonesia dengan Singapura, yang memiliki skor performa matematika tertinggi pada hasil PISA 2015. Penelitian ini dibatasi pada materi Teorema Pythagoras. Penelitian ini merupakan analisis konten yang bertujuan untuk memperoleh informasi deskriptif mengenai buku teks yang digunakan di Indonesia dan Singapura menggunakan kerangka kerja untuk menganalisa tugas dalam buku teks yang memiliki tiga dimensi: Bentuk Representasi, Fitur Kontekstual, dan Derajat Keterbukaan. Data pada penelitian ini adalah tugas-tugas dalam buku teks terpilih dari kedua negara. Buku Siswa Matematika (BSM) dipilih untuk mewakili buku teks matematika Indonesia karena BSM merupakan buku teks wajib dari pemerintah Indonesia yang didistribusikan secara nasional. New Syllabus Mathematics (NSM) dipilih untuk mewakili buku teks matematika Singapura karena buku teks ini merupakan salah satu dari buku teks matematika yang disetujui oleh Ministry of Education (MoE) Singapura dan buku teks ini juga memiliki saham tertinggi di Singapura. Tugas yang diteliti adalah tugas-tugas yang berada di bawah judul Exercise, Practise Now, dan Challenge Yourself pada NSM, dan di bawah judul Ayo Kita Berlatih, Ayo Kita Menalar, dan Uji Kompetensi pada BSM, yang tidak diikuti oleh solusi atau jawaban. Tugas-tugas tersebut dikodekan oleh dua orang coder menggunakan kerangka kerja untuk menganalisis tugas dalam buku teks, kemudian hasil coding diuji reliabilitasnya. Jika reliabilitas mencapai 90%, maka hasil coding dikatakan reliabel dan digunakan untuk mengorganisir tugas-tugas yang diteliti untuk selanjutnya dideskripsikan secara naratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 62 tugas dalam NSM, bentuk representasi yang paling sering digunakan adalah bentuk verbal dengan presentase 46,77%, fitur kontekstual terbagi tepat menjadi dua pada tugas aplikasi dan nonaplikasi, dan kebanyakan tugas merupakan tugas close-ended dengan presentase 62,9%. Sementara itu, dari 75 tugas dalam BSM, bentuk representasi kombinasi adalah yang paling banyak digunakan, tugas non-aplikasi mendominasi dengan presentase 85,33%, dan kebanyakan tugas merupakan tugas open-middled dengan presentase 49,33%. Saran yang diajukan untuk penulis NSM adalah: (1) terus menggunakan beragam bentuk representasi dalam menyajikan tugas, (2) memperluas cakupan materi Teorema Pythagoras, (3) terus menyajikan tugas aplikasi, (4) menambahkan tugas open-ended, (5) menambahkan peta konsep di awal setiap bab, (6) menambahkan lebih banyak tautan sumber online, (7) terus menyajikan biografi tokoh terkait bab yang dipelajari, (8) mempertimbangkan menggunakan pendekatan saintifik dalam menyusun buku teks, dan (9) menyajikan tugas analisis kesalahan. Sementara itu, saran yang diajukan untuk penulis BSM adalah: (1) terus menggunakan beragam bentuk representasi dalam menyajikan tugas, (2) mempertimbangkan cakupan materi yang terlalu luas untuk menghindari hilangnya focus siswa akan bagian-bagian penting dalam bab yang dipelajari, (3) menyajikan lebih banyak tugas aplikasi, (4) mempertimbangkan untuk menyusun fitur kontekstual tugas menjadi tugas non-aplikasi, tugas aplikasi, kemudian kedua jenis tersebut bergantian, (5) menyajikan lebih banyak tugas open-ended, (6) menyajikan penjelasan fitur kunci di awal buku teks, (7) menambahkan mengingat kembali materi terkait, (8) menambahkan tugas yang mendorong siswa untuk eksplorasi online, (9) membagi tugas berdasarkan tingkat kesulitan, terutama untuk butir-butir dalam uji kompetensi, dan (10) tetap menyajikan biografi tokoh terkait bab yang dipelajari.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59524

Actions (login required)

View Item View Item