Representasi matematis anak yang berbakat di bidang musik dalam menyelesaikan masalah matematika / Mohammad Archi Maulyda

Maulyda, Mohammad Archi (2018) Representasi matematis anak yang berbakat di bidang musik dalam menyelesaikan masalah matematika / Mohammad Archi Maulyda. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Maulyda, M. Archi. 2018. Representasi Matematis Anak yang Berbakat di bidang Musik Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Tesis, Jurusan Pendidikan Matematika, Progam Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Dr. Erry Hidayanto, M.Si., (2) Dr. Swasono Rahardjo, M.Si. Kata Kunci : Anak yang berbakat di bidang musik, Matematika, Musik, Representasi Matematis. Anak yang berbakat di bidang musik memiliki struktur otak yang berbeda dengan anak yang tidak berbakat. Terlebih untuk anak yang mengembangkan bakat musiknya dengan bermain instrumen musik atau bersekolah musik. Karena biasa merepresentasikan not balok kedalam alat instrumen musik, mereka terlatih untuk mentransformasikan objek yang dia lihat menjadi menjadi suara. Hal ini mengakibatkan anak yang terlatih bermain alat musik memiliki kemampuan representasi yang baik. Kemampuan representasi adalah salah satu kemampuan dasar yang harus dikuasai anak ketika belajar matematika. Banyak masalah atau soal matematika yang membutuhkan kemampuan representasi yang baik untuk menyelesaikanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana representasi anak yang berbakat di bidang musik. Terutama representasi matematis anak tersebut ketika menyelesaikan masalah matematika. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif deskriptif. Rancangan ini dipilih karena peneliti ingin menggambarkan bagaimana representasi yang dimiliki anak yang berbakat di bidang musik ketika menyelesaikan masalah matematika. Penelitian dilakukan di tempat kursus Purwa Caraka Musik Studio (PMS) . Lokasi ini dipilih karena berkaitan dengan pemilihan subjek penelitian. Subjek penelitian ini adalah 15 anak yang berbakat di bidang musik. PMS menggunakan instrumen kusus untuk mendeteksi bakat anak dalam bidang musik, sehingga subjek yang terpilih dari PMS di anggap memiliki bakat di bidang musik. Selain itu untuk meminimalisasi variabel pengganggu berupa kemampuan matematis anak yang berbeda, peneliti menggunakan soal Pre-Tes untuk memastikan semua subjek yang terpilih berada pada level kemampuan matematika yang setara. Setelah itu peneliti memberikan soal tes yang telah divalidasi dan dicobakan pada studi pendahuluan. Instrumen tersebut adalah 2 soal tes uraian dan pedoman wawancara. Wawancara dilakukan setelah semua subjek menyelesaikan soal tes. Wancara dilakukan secara terpisah antara subjek satu dengan lainya. Hasil soal tes dan wawancara kemudian di analisis dan dikelompokan dalam 3 kategori, (1) subjek yang menggunakan representasi Ekspresi Matematis, (2) subjek yang menggunakan representasi verbal, dan (3) subjek yang menggunakan rerpesentasi visual. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam menyelesaikan soal tes, subjek mampu memahami permasalahan dengan baik. Terkait dengan representasi yang dibuat, ke 15 subjek membuat bentuk representasi baru berupa gambar-gambar (representasi visual) untuk menyelesaikan masalah. Meskipun untuk soal nomor 1, 12 subjek menggunakan metode eliminasi-subtitusi yang sering diajarkan di sekolah. Namun untuk soal nomor 2 ke 15 subjek subjek menggunakan representasi visual untuk menyelesaikan soal. Sehingga dapat disimpulkan bahwa anak yang berbakat di bidang musik cenderung menggunakan representasi visual untuk menyelesaikan soal. Kesalahan yang paling banyak muncul adalah kesalahan perhitungan pada tahap menggunakan representasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59523

Actions (login required)

View Item View Item