Pengembangan multimedia pembelajaran berbantuan komputer pada materi matriks untuk siswa SMA/Sederajat / Supaat - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia pembelajaran berbantuan komputer pada materi matriks untuk siswa SMA/Sederajat / Supaat

Supaat (2015) Pengembangan multimedia pembelajaran berbantuan komputer pada materi matriks untuk siswa SMA/Sederajat / Supaat. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Supaat. 2015. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbantuan Komputer pada Materi Matriks untuk Siswa SMA/Sederajat. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Toto Nusantara M.Si. (II) Dr. Subanji M.Si. Kata kunci Multimedia Pembelajaran Berbantuan Komputer Matriks SMA ADDIE Penguasaan siswa SMA/sederajat terhadap materi matriks relatif masih rendah. Hal ini disebabkan karena siswa memerlukan penguatan dan latihan lebih banyak dalam memahami materi matriks yang merupakan materi yang relatif baru bagi mereka. Karakteristik siswa SMA/sederajat yang menuntut agar dapat dilayani secara personal dalam proses belajarnya membuat guru kewalahan memberikan penguatan belajar kepada siswa. Sebagai solusinya guru memerlukan media pembelajaran yang dapat melayani belajar siswa secara mandiri. Hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran berbantuan komputer dengan segala potensi yang dimilikinya merupakan media pembelajaran yang paling diminati oleh guru dan siswa SMA/sederajat sebagai alternatif solusi dari permasalahan pembelajaran materi matriks. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menghasilkan produk berupa program multimedia pembelajaran berbantuan komputer pada materi matriks untuk siswa SMA/sederajat. Prosedur penelitian pengembangan mengacu pada model penelitian ADDIE yang terdiri dari lima tahap utama yakni (1) Analisis (Analyze) (2) Perancangan (Design) (3) Pengembangan (Develop) (4) Uji Coba (Implement) dan (5) Evaluasi (Evaluate). Dari tahap analisis diperoleh informasi bahwa multimedia interaktif dengan format tutorial simulasi dan latihan soal merupakan jenis media yang sesuai dengan materi matriks dan karakteristik siswa SMA/sederajat. Pada tahap pengembangan produk dikembangkan kemudian dilakukan validasi oleh ahli materi dan ahli media untuk mengetahui kevalidan produk dan untuk memperoleh masukan-masukan sebagai bahan pertimbangan untuk melakukan revisi produk. Tahap Uji coba dilakukan untuk mengetahui keefektifan produk. uji coba dilakukan secara terbatas kepada 30 siswa dan 4 guru matematika SMK Putra Indonesia Malang. Tahap evaluasi dilakukan untuk menganalisis hasil uji coba. Dari hasil uji coba diperoleh kesimpulan bahwa produk dinyatakan efektif. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil ketuntasan belajar siswa setelah menggunakan produk mencapai 76 67% respon positif guru yang mencapai 85 16% dan respon positif siswa mencapai 89 45%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59517

Actions (login required)

View Item View Item