Merona, Senja Putri (2015) Penggunaan model paving melalui pembelajaran penemuan terbimbing untuk memahamkan materi luas bangun datar pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Jombang / Senja Putri Merona. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Merona Senja Putri. 2015. Penggunaan Model Paving Melalui Pembelajaran Penemuan Terbimbing untuk Memahamkan Materi Luas Bangun Datar pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Jombang. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Gatot Muhsetyo M.Sc. (II) Dr. rer. nat. I Made Sulandra M.Si Kata Kunci model paving penemuan terbimbing memahamkan luas bangun datar Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan media model paving melalui pembelajaran penemuan terbimbing yang dapat memahamkan siswa mengenai materi luas bangun datar. Dari hasil observasi awal di kelas VII A SMP Negeri 3 Jombang diperoleh bahwa guru menggunakan pembelajaran langsung dan siswa cenderung pasif selama pembelajaran. Hasil tes yang diberikan saat observasi awal juga menunjukkan bahwa siswa masih belum memahami materi luas bangun datar. Oleh karena itu dibutuhkan perbaikan pembelajaran untuk mengatasi masalah tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dengan subyek penelitian adalah 32 siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Jombang. Pelaksanaan tindakan terdiri tiga kegiatan yaitu kegiatan awal kegiatan inti dan kegiatan akhir. Pada kegiatan awal peneliti (a) menyampaikan tujuan pembelajaran (b) memberikan apersepsi yaitu mengingatkan siswa tentang materi prasyarat yang dibutuhkan dan (c) membentuk kelompok yang beranggotakan 4-6 siswa. Kegiatan inti terdiri dari 4 fase yaitu (a) fase pendahuluan siswa mengamati model paving dengan berbagai bentuk yaitu persegi persegi panjang segitiga sama sisi dan segienam beraturan. (b) fase terbuka siswa melakukan diskusi kelompok dan mencoba menempelkan model paving yang diberikan pada suatu daerah tertentu (c) fase konvergen siswa menduga rumus umum luas bangun datar dengan model paving sebagai satuannya dan (d) fase penutup dan penerapan siswa menyimpulkan rumus umum luas bangun datar dan menerapkannya dalam menyelesaikan soal. Pada kegiatan penutup peneliti membantu siswa untuk mereviu secara singkat materi yang sudah dipelajari dan meminta siswa untuk mempelajari materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya. Hasil siklus I diketahui bahwa siswa belum memahami materi luas bangun datar. Dari 32 siswa hanya 9 siswa yang mencapai nilai minimal 75. Dengan kata lain persentase keberhasilan siklus I adalah 28 12%. Pada siklus II persentase keberhasilan adalah 75 86%. Dengan kata lain 29 siswa hanya 7 siswa yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimum. Secara umum banyaknya kesalahan siswa yang dilakukan di siklus II menurun jika dibandingkan dengan banyaknya kesalahan siswa di siklus I baik kesalahan konsep prosedur maupun kalkulasi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Aug 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/59515 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |