Pelevelan penalaran aljabar siswa kelas X dalam memecahkan masalah berdasarkan Taksonomi Solo / Filda Febrinita - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelevelan penalaran aljabar siswa kelas X dalam memecahkan masalah berdasarkan Taksonomi Solo / Filda Febrinita

Febrinita, Filda (2015) Pelevelan penalaran aljabar siswa kelas X dalam memecahkan masalah berdasarkan Taksonomi Solo / Filda Febrinita. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Febrinita Filda. 2015. Pelevelan Penalaran Aljabar Siswa Kelas X dalam Memecahkan Masalah Berdasarkan Taksonomi SOLO. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Subanji M.Si. (II) Dr. Sisworo M.Si. Kata Kunci level penalaran aljabar pemecahan masalah taksonomi SOLO Siswa pasti akan dihadapkan pada masalah matematis ketika belajar matematika khususnya ketika mempelajari aljabar.Aljabar merupakan salah satu cabang matematika yang sangat penting dipelajari siswa sebagai modal untuk membentuk keterampilan hidup yang bermanfaat salah satunya adalah keterampilan pemecahan masalah. Untuk terampil dalam memecahkan masalah salah satunya dibutuhkan keahlian dalam bernalar. Hasil belajar siswa dalam memecahkan masalah aljabar yang melibatkan kemampuan penalaran dapat diketahui dan diases. Salah satu alat yang dapat digunakan untuk mengases hasil belajar aljabar adalah Taksonomi SOLO.Dalam Taksonomi SOLO ketika siswa menjawab tugas yang diberikan tanggapan mereka terhadap tugas tersebut dapat diringkas dalam lima level struktur respon yaitu 1) prastruktural 2) unistruktural 3) multistruktural 4) relasional dan 5) extended abstract. Dengan demikian kemampuan bernalar siswa dalam memecahkan masalah aljabar dapat diketahui dengan lebih detail sehingga diharapkan dapat membantu guru untuk memilih strategi yang tepat dalam membelajarkan aljabar. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelevelan penalaran aljabar siswa dalam memecahkan masalah berdasarkan Taksonomi SOLO. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah penelitian deskriptif ekploratif. Dalam penelitian ini peneliti bertindak sebagai instrumen utama. Data penelitian adalah hasil kerja siswa dalam memecahkan masalah aljabar serta hasil rekaman wawancara peneliti dengan subjek terkait dengan aktivitas bernalar yang dilakukan subjek dalam memecahkan masalah aljabar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa level penalaran aljabar siswa kelas X dalam memecahkan masalah dapat diklasifikasikan dalam empat level yaitu (1) Level 1 (level unistruktural) yang diantaranya ditandai dengan aktivitas bernalar siswa yang mampu menggunakan satu informasi dari masalah untuk menyusun strategi pemecahan masalah dan mampu menentukan suku selanjutnya dari suatu pola bilangan (2) Level 2 (level multistruktural) yang diantaranya ditandai dengan aktivitas bernalar siswa yang mampu menggunakan lebih dari satu informasi untuk menyusun strategi pemecahan masalah dan mampu mendaftar suku-suku dari suatu pola bilangan (3) Level 3 (level relasional) yang diantaranya ditandai dengan aktivitas bernalar siswa yang mampu memprediksikan penyelesaian masalah berdasarkan informasi yang dipahami dan mampu membuat kesimpulan dari penyelesaian masalah dengan membuat keterkaitan antara dua informasi (4) Level 4 (level extended abstract) yang diantaranya ditandai dengan aktivitas siswa yang mampu menggeneralisasikan pola bilangan yang muncul dari masalah dan mampu mengubah dan menciptakan ilustrasi baru untuk suatu pola bilangan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59513

Actions (login required)

View Item View Item