Defragmenting struktur berpikir siswa dalam memecahkan masalah persamaan linier satu variabel melalui refleksi / Sri Menganti - Repositori Universitas Negeri Malang

Defragmenting struktur berpikir siswa dalam memecahkan masalah persamaan linier satu variabel melalui refleksi / Sri Menganti

Menganti, Sri (2015) Defragmenting struktur berpikir siswa dalam memecahkan masalah persamaan linier satu variabel melalui refleksi / Sri Menganti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Menganti. Sri. 2015. Defragmenting Struktur Berpikir Siswa dalam Memecahkan Masalah Persamaan Linier Satu Variabel melalui Refleksi . Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Toto Nusantara M.Si (II) Prof. Dr. Cholis Sa dijah M.Pd M.A. Kata Kunci Defragmenting Struktur Berpikir Memecahkan Masalah PLSV Kemampuan siswa memecahkan masalah dapat mengembangkan kemampuan siswa menghadapi tantangan dalam kehidupan yang selalu berubah. Namun kenyataannya siswa mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah. Kesulitan siswa tampak dari kesalahan yang dilakukan siswa dalam memecahkan masalah. Demikian juga dalam memecahkan masalah PLSV. Kesulitan tampak ketika siswa melakukan kesalahan dalam memahami masalah menyusun rencana memecahkan masalah dan melaksanakan rencana memecahkan masalah. Defragmenting struktur berpikir siswa dalam memecahkan masalah PLSV melalui refleksi dilakukan peneliti untuk membantu siswa memperbaiki kesalahannya dalam memecahkan masalah PLSV. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan subyek penelitian 5 siswa kelas IX SMP Negeri 4 Sumbermanjing Satu Atap Kabupaten Malang tahun ajaran 2014/2015. Pemilihan subjek penelitian berdasarkan pekerjaan siswa dalam memecahkan masalah PLSV pada lembar tugas 1 penilaian guru pengajar matematika di kelas IX dan kemampuan siswa dalam berkomunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan defragmenting struktur berpikir siswa dalam memecahkan masalah PLSV melalui reflaksi. Hasil dari penelitian ditemukan 1) defragmenting dilakukan sesuai dengan kesulitan yang dihadapi subjek 2) defragmenting struktur berpikir masing-masing subjek memerlukan waktu yang tidak sama dan 3) defragmenting dilakukan melalui refleksi yaitu dengan mengingatkan subjek mengenai konsep-konsep matematika yang pernah dipelajari sebelumnya. Defragmenting struktur berpikir siswa yang dilakukan peneliti yaitu 1) untuk siswa yang mengalami kesulitan memahami masalah meminta siswa membaca kembali secara cermat menelaah apa yang diketahui dan ditanyakan dari lembar tugas 1 disertai pertanyaan yang membimbing siswa. 2) untuk siswa yang mengalami kesulitan dalam merencanakan menyelesaikan masalah meminta siswa membaca kembali apa yang diketahui memberikan pertanyaan yang membimbing dan meminta siswa menuliskan apa yang harus direncanakan untuk menyelesaikan masalah. Dan 3) untuk siswa yang mengalami kesulitan dalam menggunakan konsep-konsep matematika yang telah dipelajari sebelumnya meminta siswa mengingat kembali operasi bilangan desimal mengingatkan tentang bentuk persamaan setara pada PLSV mengingatkan invers (lawan) suatu bilangan pecahan serta konsep operasi pembagian bilangan pecahan. Kemampuan siswa menyelesaikan masalah dengan jawaban benar menggambarkan struktur berpikir siswa telah berkembang hingga sesuai dengan struktur masalah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59512

Actions (login required)

View Item View Item