Struktur penalaran siswa SMA yang memiliki koneksi matematis tinggi dalam menyelesaikan soal / Ratna Eka Iswahyuni - Repositori Universitas Negeri Malang

Struktur penalaran siswa SMA yang memiliki koneksi matematis tinggi dalam menyelesaikan soal / Ratna Eka Iswahyuni

Iswahyuni, Ratna Eka (2015) Struktur penalaran siswa SMA yang memiliki koneksi matematis tinggi dalam menyelesaikan soal / Ratna Eka Iswahyuni. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Iswahyuni RatnaEka.2015.StrukturPenalaranSiswa SMA yangMemilikiKoneksiMatematikaTinggidalamMenyelesaikanSoal.Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana UniversitasNegeriMalang.Pembimbing (I) Prof. Akbar Sutawijaya M. Ed Ph. D (II)Dr.Abdur Rahman As ari M.Pd M.A. KataKunci Strukturpenalaran koneksimatematika. Penalaranmerupakansalahsatutopikmenarikdalamduniapendidikan terutamadalambidangmatematika.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikanstruktur penalaran siswa yang memiliki koneksi matematika tinggi.Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan subyek penelitian adalah tiga orang siswa yang memilikikemampuankoneksimatematikatinggi.Sedangkanuntukinstrumenpenelitianterdiridariinstrumenutamayaitupenelitisendiridaninstrumenpendukungyaitusoalteskoneksimatematika tespenalaranproporsional sertapedomanwawancara Penelitian ini diawali dengan pemberian tes koneksimatematikakepadasembilan orang siswakelas X dan XI MIA untukmengukurkemampuankoneksimatematikanya. Kemudianjawabansiswadianalisisberdasarkanpedomanpenskoran.Dari hasilanalisisdidapatkansiswa yang memilikikemampuankoneksitinggi kemampuankoneksisedang dankemampuankoneksirendah.Terdapatsebanyaktiga orang siswa yang memilikikemampuankoneksimatematikatinggi.Selanjutnya siswa yang memilikikemampuankoneksimatematikatinggidiberikantespenalaran.Setelahselesaimengerjakansoaltespenalaran siswatersebutdiwawancarauntukmengetahui proses dalammenghasilkanjawaban. Dari hasiljawabansiswasecaratertulisdanlisankemudiandianalisisdandideskripsikan. Hasilpenelitianmenunjukkansiswa yang memilikikoneksimatematikatinggisaatmelakukanpenalaranuntukmenyelesaikansoalmelaluilangkah-langkahkebiasaanpenalarandalam NCTM (2009) yaitumenganalisismasalah menerapkanstrategi menggunakankoneksi danmerefleksisolusi.Padatahapmenganalisismasalah yang dilakukanolehsubjekyaitumengidentifikasikonsep-konsep yang relevan prosedurataurepresentasi yang mengungkapkaninformasipentingtentangmasalahdanberkontribusiterhadapsolusi mendefinisikankondisi yang relevan mencaripoladanhubungan sertamempertimbangkansituasikhusus.Padatahappertama strukturpenalaransiswaberupapembentukanpremis-premis.Padatahapmenerapkanstrategi subjeklebihmemilihuntukmerepresentasisoaldalambentukgambarsederhanauntukmempermudahmerekadalammemahamisoal. Sebagian besar struktur penalaran siswa untuk tahap kedua menjadi satu dengan struktur penalaran di tahap ketiga yaitu mengoneksikan premis-premis untuk mengonstruk kesimpulan yang logis.Pengoneksiandilakukanpadapremisdenganpremis premisdengankesimpulanawal danantarakesimpulanawalsehinggadihasilkankesimpulanakhir.Padatahapkeempatyaitumerefleksisolusi yang dilakukansubjekadalahmenentukansolusiberdasarkanpremis-premis yang telahdikoneksikanlalumengecekkelogisandarisolusi yang merekahasilkan. Selainmenunjukkanlangkah-langkahdalamkebiasaanpenalaran subjekjugamenunjukkanbahwadalammenyelesaikansoalmerekalebihmenggunakanpemikiran yang mendalam teliti danberhati-hatiuntukmenentukansolusi.Dalampenelitianini penalaransiswa yang sepertiitudisebutpenalaransemantik.Tetapitidaksemuapenalaransemantik yang dilakukansiswamenghasilkanjawaban yang benar.Hal inidikarenakansiswamenambahkanasumsi yang belumdapatditentukankebenarannya. Saran yang dapatdikemukakandalampenelitianiniyaitu guru dapatmemfasilitasisiswauntukdapatmengembangkankemampuankoneksimatematikanyasehinggakemampuanpenalarannyajugaikutberkembang..

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59508

Actions (login required)

View Item View Item