Kemampuan berpikir kreatif konsep geometri siswa kelas VII SMP Negeri 1 Gampengrejo / Nila Kartika Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Kemampuan berpikir kreatif konsep geometri siswa kelas VII SMP Negeri 1 Gampengrejo / Nila Kartika Sari

Sari, Nila Kartika (2015) Kemampuan berpikir kreatif konsep geometri siswa kelas VII SMP Negeri 1 Gampengrejo / Nila Kartika Sari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sari Nila Kartika. 2015. Kemampuan Berpikir Kreatif Konsep Geometri Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Gampengrejo. Tesis Pascasarjana Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Drs. Purwanto Ph.D (II) Dr. Edy Bambang Irawan M.Pd Kata kunci kemampuan berpikir kreatif konsep geometri segitiga dan segiempat. Kemampuan berpikir kreatif akan meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah secara benar dengan menggunakan berbagai pendekatan atau metode (KTSP 2006). Kemampuan ini akan membantu siswa dalam memahami serta menyelesaikan berbagai masalah pada materi dalam matematika salah satunya adalah materi geometri. Geometri sebagai salah satu bidang kajian dalam materi matematika memiliki persentase yang lebih besar dari bidang kajian lainnya (KTSP 2006). Banyak penelitian tentang upaya peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa namun belum ada yang secara langsung mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa yang berdasarkan tingkat kemampuan berpikir kreatifnya. Penelitian ini mendeskripsikan tentang kemampuan berpikir kreatif konsep geometri siswa. Pendeskripsian kemampuan berpikir kreatif ini didasarkan pada tiga aspek kemampuan berpikir kreatif yaitu kelancaran keluwesan dan orisinalitas. Kelancaran mengacu pada keberagaman (bermacam-macam) dan kebenaran jawaban yang dibuat siswadalam menyelesaikan masalah keluwesan mengacu pada kemampuan siswa menggunakan berbagai cara yang berbeda dalam menyelesaikan masalah dan orisinalitas sebagai kemampuan siswa membangun banyak ide yang tidak biasa dalam menyelesaikan masalah.Penilaian atas ketiga aspek tersebut didasarkan pada indikator kemampuan berpikir kreatif yang dikembangkan berdasarkan rubrik kemampuan berpikir kreatif oleh Pochowski (2001). Berdasarkan rubrik tersebut terdapat tiga tingkatan kemampuan berpikir kreatif yaitu tingkat I (rendah) tingkat II (sedang) dan tingkat III (tinggi). Masalah yang digunakan dalam mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif konsep geometri pada penelitian ini adalah dua soal berkaitan dengan materi segitiga dan segiempat yang pada masing-masing soal memuat aspek kemampuan berpikir kreatif. Selanjutnya dideskripsikan kemampuan berpikir kreatif konsep geometri siswa pada setiap tingkat berpikir kreatif berdasarkan aspek kemampuan berpikir kreatif. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa kemampuan berpikir kreatif konsep geometri siswa dalam menyelesaikan soal yang diberikan beragam. Siswa pada tingkat I tidak mampu memenuhi tiga aspek kemampuan berpikir kreatif siswa pada tingkat II hanya mampu memenuhi aspek kelancaran dan keluwesan dan belum mampu memenuhi aspek orisinalitas sedangkan siswa pada tingkat III telah mampu memenuhi tiga aspek kemampuan berpikir kreatif. Kesimpulan ini didapat berdasarkan analisis hasil jawab siswa dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti. Berdasar temuan pada penelitian ini peneliti menyarankan kepada peneliti guru dan pemerhati proses pembelajaran perlu memahami kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan dan membuat masalah geometri sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa serta pengembangan desain pembelajaran modul media pembelajaran atau bahan ajar yang mampu membantu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59507

Actions (login required)

View Item View Item