Pengembangan modul bercirikan kontekstual pada pokok bahasan dimensi dua kelas X TKR SMK Berdikari Jember / Yantin Wijayanti Putri

Putri, Yantin Wijayanti (2015) Pengembangan modul bercirikan kontekstual pada pokok bahasan dimensi dua kelas X TKR SMK Berdikari Jember / Yantin Wijayanti Putri. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Putri, Yantin Wijayanti. 2015. Pengembangan Modul Bercirikan Kontekstual pada Pokok Bahasan Dimensi Dua Kelas X TKR SMK Berdikari Jember. Tesis. Jurusan Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Dr. I Nengah Parta, M.Si., (II) Dra. Santi Irawati, M.Si, Ph. D. Kata Kunci: pengembangan modul, pembelajaran kontekstual, dimensi dua, sekolah menengah kejuruan Pada jenjang Sekolah Menengah Kejuruan, mata pelajaran pada kelompok adaptif digunakan untuk menunjang mata pelajaran yang ada dalam kelompok produktif. Oleh karena itu pelajaran-pelajaran di kelompok adaptif harus disesuaikan dengan pelajaran-pelajaran pada kelompok produktif. Berdasaran hal tersebut maka diadakan penelitian untuk mengembangkan sebuah modul yang sesuai dengan pelajaran produktif TKR. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan sebuah modul matematika bercirikan kontekstual pada pokok bahasan Dimensi Dua kelas X TKR SMK Berdikari Jember yang dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Pengembangan modul ini mengadaptasi model pengembangan 4-D yang ditemukan oleh Thiagarajan, Semmel, dan Semmel. Dari 4 tahap pada tahap 4-D hanya digunakan 3 tahap yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan (developt). Modul yang telah jadi akan diuji validitasnya, efektifitasnya dan kepraktisannya. Data penelitian diperoleh dari proses validasi ahli, lembar pengamatan aktivitas guru, lembar pengamatan aktivitas siswa, tes pemahaman materi, respon siswa. Proses validasi dilakukan 2 kali. Pada proses validasi pertama didapat banyak revisi dan kekurangsesuaian modul. Setelah direvisi maka dilakukan proses validasi kedua. Dari validasi kedua ini diperoleh hasil bahwa konten pada modul telah memiliki materi yang benar, sesuai dengan kebutuhan siswa, kebutuhan belajar dan SK-KI, penulisan modul, tampilan modul dan penggunaan bahasa telah konsisten sehingga dapat disimpulkan bahwa modul valid dan dapat diujicobakan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X TKR 1, X TKR 2, dan guru matematika. Proses uji coba dilakukan secara bergantian antara kelas X TKR 1 dan X TKR 2. Sehingga setelah dilakukan ujicoba pertemuan pertama pada kelas X TKR 1 dan dianalisis lalu dilakukan perbaikan serta diujicobakan pada kelas X TKR 2. Selama proses uji coba juga dilakukan pengamatan terhadap aktivitas guru dan aktivitas siswa. Pada proses ujicoba kedua, di akhir pembelajaran siswa diminta untuk menceritakan pendapat siswa tentang proses pembelajaran menggunakan modul. Setelah proses uji coba selesai maka diberikan tes kepada siswa, angket respon, dan wawancara. Setelah selesai, dilakukan analisis terhadap hasil uji coba. Berdasarkan hasil pengamatan guru didapat bahwa guru dapat melaksanakan pembelajaran sesuai RPP dengan menggunakan modul sehingga modul praktis. Berdasarkan lempar pengamatan aktivitas siswa, hasil tes, angket dan wawancara dapat disimpulkan bahwa tercapai ketuntasan klasikal, siswa memberikan respon positif, dan siswa aktif dalam pembelajaran menggunakan modul ini. Maka modul dapat dikatakan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59505

Actions (login required)

View Item View Item