Pembelajaran model STAD-problem solving untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi barisan dan deret di kelas X SMK Cendika Bangsa / Zahrotun Nahdliyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran model STAD-problem solving untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi barisan dan deret di kelas X SMK Cendika Bangsa / Zahrotun Nahdliyah

Nahdliyah, Zahrotun (2015) Pembelajaran model STAD-problem solving untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi barisan dan deret di kelas X SMK Cendika Bangsa / Zahrotun Nahdliyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nahdliyah Zahrotun. 2015. Pembelajaran model STAD-Problem Solving untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi barisan dan deret di Kelas X SMK Cendika Bangsa. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Drs. Purwanto Ph.D (II) Dr. Swasono Rahardjo S.Pd M.Si. Kata Kunci pembelajaran model STAD Problem Solving pemahaman barisan dan deret. Pemahaman materi merupakan tujuan dalam suatu proses pembelajaran termasuk pembelajaran pada materi barisan dan deret. Kenyataan bahwa siswa sulit memahami materi tersebut dan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah pada materi ini kurang optimal. Dari hasil pengamatan peneliti kemungkinan kesulitan tersebut disebabkan siswa kurang diberikan kesempatan untuk terlibat aktif dalam pembelajaran kurang adanya interaksi antara guru dengan siswa maupun interaksi antar siswa dan siswa jarang diberikan latihan soal pemecahan masalah (problem solving). Untuk mengatasi masalah tersebut maka perlu inovasi dalam pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi barisan dan deret serta dapat melatih keterampilan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah (problem solving.) Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran model STAD-problem solving untuk meningkatkan pemahaman materi barisan dan deret di Kelas X SMK Cendika Bangsa Kepanjen (2) Mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran model STAD problem solvin pada materi barisan dan deret di kelas X SMK Cendika Bangsa Kepanjen Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Ciri penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR) adalah penelitian bersiklus. Setiap siklus dilakukan pembelajaran dengan model STAD problem solving dengan materi barisan dan deret. Subyek penelitian adalah siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Cendika Bangsa Kepanjen Malang tahun pelajaran 2014/2015 semester 1. Hasil penelitian ini adalah penerapan pembelajaran model STAD problem solving dapat meningkatkan pemahaman siswa Kelas X di SMK Cendika Bangsa Malang tahun pelajaran 2014/2015. Adapun hasil pembelajarannya dapat dijelaskan sebagai berikut Fase 1. Penyajian materi kearah problem solving yang meliputi mempresentasikan pokok-pokok materi dan menyajikan contoh problem solving dan cara pemecahannya. Fase 2 bekerja kelompok Fase 3 Memberikan tes/kuis tentang materi pelajaran meliputi tes/kuis diberikan secara individual diberikan secara individual Fase 4 Memberikan skor perkembangan Fase 5 Memberikan penghargaan pada kelompok bisa berupa tanda mata pujian atau status. i

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59503

Actions (login required)

View Item View Item