Penerapan Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan struk belanja untuk memahamkan estimasi pada siswa kelas IV MI Attaraqqie Malang / Tedy Zainul Arifin - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan struk belanja untuk memahamkan estimasi pada siswa kelas IV MI Attaraqqie Malang / Tedy Zainul Arifin

Arifin, Tedy Zainul (2015) Penerapan Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan struk belanja untuk memahamkan estimasi pada siswa kelas IV MI Attaraqqie Malang / Tedy Zainul Arifin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Arifin TedyZainul. 2015. Penerapan Realistic Mathematics Education (RME)BerbantuanStrukBelanjaUntukMemahamkanSiswaTentangEstimasiPadaSiswaKelas IV MI AttaraqqieMalang Tesis Program StudiPendidikanMatematika Pascasarjana UniversitasNegeri Malang Pembimbing (I) Prof. Drs. GatotMuhsetyo M.Sc (II) Drs. Tjang Daniel Chandra M.Si Ph.D Kata Kunci Realistic Mathematics Education (RME) StrukBelanja Estimasi Tujuanpenelitianiniadalahuntukmendeskripsikanpenerapan RME berbantuanstrukbelanjauntukmemahamkanmateriestimasipadasiswakelas IV MI Attaraqqie.JenispenelitianadalahPenelitianTindakanKelas (PTK). PTK inidilaksanakan di kelasIV AMI Attaraqqie Tahun Pelajaran 2014/2015denganbanyaksiswa33 orang. Pelaksanaan penelitian siklus I terbagi dalam dua pertemuan pembelajaran dan satu pertemuan untuk tes hasil belajar dan pelaksanaan penelitian siklus II terbagi dalam dua pertemuan pembelajaran dan satu pertemuan untuk tes hasil belajar. Data penelitian terdiri dari (1) data validasi perangkat pembelajaran dan instrumen penelitian (2) data observasi kegiatan guru dalam pembelajaran (3) data observasi kegiatan belajar siswa (4) data tes hasil belajar siswa dan (5) data hasil wawancara. Pengamatan yang dilakukan peneliti menunjukkanadanyapermasalahanpembelajaranmatematika di MI Attaraqqieantara lain masihadanyakecenderungankegiatanpembelajaran yang berpusatpada guru (teacher centered) rendahnyamotivasibelajarsiswa danrendahnyahasilbelajarmatematika. Dari hasil wawancara dengan guru matematika diperoleh bahwa materi estimasi masih sulit dipahami siswa. Berdasarkankondisitersebutmakaperluadanyapeningkatandalampelaksanaankegiatanpembelajaran. PembelajaranRealistic Mathematics Education (RME)merupakansalahsatualternatif yang dapatdilakukan oleh guru untuk memahamkan siswa pada materi estimasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa penerapanRealistic Mathematics Education (RME)berbantuanstrukbelanjauntukmemahamkansiswatentangestimasi dilakukan dengan 5 langkah yaitu (1) memberikanmasalahkontekstual (2) memahamimasalahkontekstual (3) menyelesaikanmasalahkontekstual (4) mendiskusikanjawaban dan (5) membuatrangkuman. Pembelajaran dimulai dengan membagi kelas menjadi 7 kelompok dilanjutkan dengan pemberianmasalahkontekstualberbantuanstrukbelanja melalui LKS yang dibagikan kepada tiap kelompok. Setelah siswa paham maksud dari pertanyaannya maka siswa menyelesaikan LKS dalam kelompoknya. Selanjutnya guru menunjuk secara acak padakelompokuntukmendiskusikanjawaban yang diperoleh dengancarapresentasi di depankelas.Padaakhirpembelajaran siswamembuatrangkumanmateri yang dipelajari. Padasiklus I daripemahamankonseptualdanproseduralsiswa menunjukkan ketuntasanklasikal73% dalam kriteria cukupdanpadasiklus II meningkat menjadi 100% dalam kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan Realistic Mathematics Education (RME) berbantuanstrukbelanjadapatmemahamkansiswatentangestimasidandarihasil wawancara dengan siswa juga didapat respon yang positif mengenai penerapan pembelajaranRealistic Mathematics Education (RME).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59502

Actions (login required)

View Item View Item