Lado, Hyronimus (2015) Penggunaan media bungkus rokok untuk memahamkan konsep barisan dan deret melalui pendekatan RME pada siswa kelas IX SMPN Satu Atap Ilewutung / Hyronimus Lado. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Lado Hyronimus. 2015. Penggunaan Media Bungkus Rokok untuk Memahamkan Konsep Barisan dan Deret melalui Pendekatan RME pada Siswa Kelas IX SMPN Satu Atap Ilewutung. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Prof. Drs. Gatot Muhsetyo M.Sc (II) Dr. Sisworo S.Pd M.Si. Kata Kunci Media Pembelajaran Pemahaman Konsep Pendekatan RME Barisan dan Deret Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menggunakan media bungkus rokok untuk memahamkan konsep barisan dan deret melalui pendekatan RME. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subyek penelitian ini adalah 14 siswa kelas IX SMPN Satu Atap Ilewutung yang terdiri dari 6 laki-laki dan 8 perempuan. Pemilihan subyek ini berdasarkan kesulitan yang dialami siswa pada materi barisan dan deret. Terdapat tiga tahapan kegiatan pembelajaran dalam penelitian ini yaitu kegiatan pendahuluan kegiatan inti dan kegiatan penutup. Kegiatan pendahuluan diawali dengan mengkondisikan siswa untuk duduk sesuai dengan kelompok masing-masing menyampaikan tujuan pembelajaran tanya jawab untuk menggali pengetahuan awal siswa dan menjelaskan langkah-langkah pembelajaran. Kegiatan inti diawali dengan memahami masalah yang sebelumnya telah diberikan dalam LKS menyelesaikan masalah dengan menyusun bungkus rokok menyerupai gambar yang diberikan hingga menemukan pola yang dapat dinyatakan dalam bentuk U1 U2 U3 ... Un dan U1 U2 U3 ... Un presentasi atau membandingkan dan mendiskusikan jawaban serta membuat kesimpulan. Pada kegiatan penutup diberikan penegasan terhadap hal-hal penting untuk memastikan siswa benar-benar memahami materi yang baru saja dipelajari. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa usaha yang dilakukan guru telah tercapai pada siklus II. Adapun data hasil penelitian sebagai berikut persentase hasil tes secara klasikal yang mendapat skor minimal 60 adalah 71 43% pada siklus I dan 92 86% pada siklus II persentase hasil observasi aktivitas guru dan siswa berturut-turut pada siklus I adalah 73 22% dan 74 41% dan pada siklus II secara berturut-turut adalah 83 03% dan 84 82%. Sedangkan hasil wawancara yang dilakukan terhadap 3 (tiga) responden yaitu 1 siswa pada siklus I dan 2 siswa pada siklus II dinyatakan dapat memahami materi barisan dan deret.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Jul 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/59501 |
Actions (login required)
View Item |