Penerapan metode penemuan terbimbing untuk meningkatkan penalaran matematika siswa kelas X SMK Kesehatan Al-Yasini Pasuruan / Ani Afifah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode penemuan terbimbing untuk meningkatkan penalaran matematika siswa kelas X SMK Kesehatan Al-Yasini Pasuruan / Ani Afifah

Afifah, Ani (2015) Penerapan metode penemuan terbimbing untuk meningkatkan penalaran matematika siswa kelas X SMK Kesehatan Al-Yasini Pasuruan / Ani Afifah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Afifah Ani. 2015. PenerapanMetodePenemuanTerbimbinguntukMeningkatkanPenalaranMatematikaSiswaKelas X SMK Kesehatan Al-YasiniPasuruan.Tesis.JurusanPendidikanMatematika PascasarjanaUniversitasNegeri Malang Pembimbing (I) Dr. I NengahParta S.Pd M.Si (II) Drs. Tjang Daniel C M.Si Ph.D. Kata Kunci penemuan terbimbing penalaran matematika Matematikamerupakansalahsatumatapelajaran di sekolah yang memegangperananpenting.Perananmatematikadiantaranyadigunakanuntukmengikutitesmasukperguruantinggibaiksaintekmaupunsosialhumaniora.Penalaranmerupakanproses mental siswauntukmemahamisuatupernyataandarisejumlahfaktadanketerkaitannyadalampenyelesaiansoal-soalmatematika. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pembelajaran dengan metode penemuan terbimbing yang dapat meningkatkan penalaran matematika siswa kelas X SMK Kesehatan Al-Yasini Pasuruan. Penelitian ini dilakukan pada tahun ajaran 2014-2015. Prosedur penelitian ini mengacu pada model PTK Kurt Lewin yang terdiri dari identifikasi masalah perencanaan (planning) Pelaksanaan (Action) dan observasi (Observation) serta Refleksi (Reflection). Instrumen yang digunakan untuk mendapatkan data berasal dari hasil pengerjaan LKS kuis tes akhir siklus lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan metode penemuan terbimbing dapat meningkatkan penalaran matematika siswa. Hal ini ditunjukkan dari hasil observasi aktivitas guru dan siswa berada pada kategori baik. Selain itu hasil kuis dan tes akhir juga menjadi pertimbangan keberhasilan dalam penelitian ini. Hasilkuispadasiklus I secaraklasikalmencapai 73 91% dantesakhirsiklus I mencapai 65 21%. Sedangkanpadasiklus II hasil kuis secara klasikal mencapai 85%dantes akhir siklus II mencapai 80%. Hal ini berarti bahwa penelitian yang dilaksanakan dikatakan berhasil sesuai dengan kriteria keberhasilan yang ditetapkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59500

Actions (login required)

View Item View Item