Pengembangan video pembelajaran ilmu pengetahuan alam kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Singosari, Malang / Anggit Priyambodo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan video pembelajaran ilmu pengetahuan alam kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Singosari, Malang / Anggit Priyambodo

Priyambodo, Anggit (2016) Pengembangan video pembelajaran ilmu pengetahuan alam kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Singosari, Malang / Anggit Priyambodo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Priyambodo Anggit. 2015. Pengembangan video pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas VIII Smp muhammadiyah 4 singosari malang. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sulton M.Pd. (II) Henry Praherdhiono S.Si M.Pd. Kata Kunci Pengembangan Video Pembelajaran IPA SMP. Video pembelajaran adalah salah satu media pembelajaran yang disusun secara sistematis terdiri dari materi untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan dalam video pembelajaranterdapat audio video animasi dan gambar yang disatukan menjadi satu kesatuan guna menunjang proses pembelajaran. Video pembelajaran ini dibuat untuk pelengkap mata pelajaran Ipa kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Singosaari Malang. Tujuan dari pengembangan ini untuk menghasilkan suatu produk video pembelajaran yang layak dan valid sebagai sumberbelajar yang efektif serta mampu meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA SMP pokok bahasan gaya. Penelitian inimenggunakan model pengembanganSadiman langkah-langkahpengembanganyaituidentifikasi kebutuhan perumusan tujuan pengembangan materi pengembangan alat evaluasi menyusun naskah produksi tes/ uji coba revisi Produk siap dimanfaatkan. Subjek penelitian dalam pengembangan ini adalah siswa kelas VIIIA SMP Muhammadiyah 4 Singosari Malang. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif (tes hasil belajar)dankualitatif (instrumen ahli media ahli materi dan siswa). Video Pembelajaran divalidasi oleh seorang ahli media seorang ahli materi dan diujicobakan kepada31 siswa 2 siswa uji coba perorangan 7 siswa uji coba kelompok kecil 22 siswa uji coba lapangan. Kemudian tes hasil belajar dilaksanakan oleh 31siswa.Berdasarkan hasil angket ahli media diperoleh hasil persentase 91% hasil angket ahli materi diperoleh hasil persentase 88% dari uji coba perseorangan didapat hasil persentase sebesar 84.8% dari ujicoba kelompok kecil didapat hasil persentase 89.7% dan dari uji coba kelompok besar didapat hasil persentase 91.45%. Pada teshasilbelajar 27 siswa mendapat nilai di atas KKM dan 4 siswa laianya belum mencapai KKM kriteria ketuntasan minimal di mata pelajaran ini adalah 75 hal inimenunjukkan bahwa video pembelajaran ini layakdigunakandalam proses pembelajaran klasikaldan menunjukkan bahwa video pembelajaran ini mampu meningkatkan hasil belajarsiswakhususnya padamateriGaya. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikaji bahwa video pembelajaran ini valid dan layak digunakan sebagai sumberbelajar yang efisien serta mampu meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA pokok bahasan Gaya Dalam pemanfaatan video pembelajaran sebaiknya guru dan siswa sudah terbiasa mengoperasikan komputer kemudian menyediakan sarana pendukung seperti laptop proyektor dan terakhir adalah membaca petunjuk pemanfaatan dengan cermat agar nantinya dalam mengoperasikanvideo pembelajaran user tidak menemui kesulitan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/595

Actions (login required)

View Item View Item