Mursitorini, Maria Rosari Anggun (2015) Penerapan strategi relating, experiencing, applying, cooperating, and transfering model search, solve, create, and share untuk meningkatkan penalaran matematika siswa / Maria Rosari Anggun Mursitorini. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Mursitorini Maria Rosari Anggun. 2015. Penerapan Strategi Relating Experiencing Applying Cooperating and Transferring Model Search Solve Create and Share untuk Meningkatkan Penalaran Matematis Siswa. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. I Nengah Parta S.Pd M.Si dan (2) Dra. Santi Irawati Ph.D. Kata kunci pembelajaran strategi REACT model SSCS penalaran matematis Salah satu kemampuan yang perlu dikembangkan dalam pembelajaran matematika tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) adalah penalaran. Pentingnya penalaran dalam pembelajaran matematika adalah sebagai komponen utama dalam penyelesaian masalah. Namun berdasarkan hasil observasi diketahui bahwa dalam penyelesaian soal siswa cenderung menghafal rumus dan cara penyelesaian seperti yang dicontohkan oleh guru. Hal ini mengindikasikan bahwa penalaran matematis siswa masih rendah. Faktor yang menyebabkan rendahnya penalaran siswa adalah pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga siswa tidak diberi kesempatan untuk mengonstruksi pemahamannya sendiri. Salah satu cara untuk meningkatkan penalaran matematis di kelas tersebut adalah melalui perbaikan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran dengan Strategi REACT Model SSCS yang dapat meningkatkan penalaran matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas X MIA 5 SMA Negeri 1 Ambarawa tahun pelajaran 2014-2015. Langkah-langkah pembelajaran Strategi REACT Model SSCS yang dilakukan adalah (1) pengaitan (relating) dengan mencari (search) kaitan antara materi persamaan dan fungsi kuadrat yang akan dipelajari dengan pengetahuan atau materi sebelumnya (2) pengalaman (experiencing) dan penerapan (applying) menyelesaikan (solve) beberapa permasalahan nyata tentang persamaan dan fungsi kuadrat dengan menerapkan pengetahuan yang dimiliki (3) kerja sama (cooperating) dengan mendiskusikan penyelesaian masalah yang diberikan dalam kelompok kemudian menyampaikan (share) hasilnya melalui presentasi dan (4) pentransferan (transferring) dengan menyelesaikan soal tugas atau kuis secara individu. Peningkatan kemampuan penalaran matematis dalam penelitian ini diukur melalui penguasaan siswa terhadap materi ajar meliputi LKS tugas kuis serta tes akhir siklus yang meliputi aspek-aspek berikut (1) merumuskan permasalahan (2) memperkirakan strategi penyelesaian masalah (3) menguji strategi penyelesaian masalah yang disusun dan (4) memberikan penjelasan terhadap jawaban yang diberikan. Pada pembelajaran siklus II persentase ketuntasan siswa dalam menyelesaikan masalah di LKS pada setiap pertemuan lebih dari 65%. Rata-rata nilai tugas dan kuis adalah 82 19 dan 85 15. Selanjutnya sebanyak 77 8% siswa mencapai KKM 75 dalam menyelesaikan soal tes akhir siklus. Hasil tersebut telah memenuhi kriteria keberhasilan penelitian. Oleh karena itu pembelajaran Strategi REACT Model SSCS dikatakan dapat meningkatkan penalaran matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Jul 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/59498 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |