Penggunaan gesture siswa dalam memperbaiki kesalahan matematika siswa dalam proses diskusi pemecahan masalah matematika / Hardianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan gesture siswa dalam memperbaiki kesalahan matematika siswa dalam proses diskusi pemecahan masalah matematika / Hardianto

Hardianto (2015) Penggunaan gesture siswa dalam memperbaiki kesalahan matematika siswa dalam proses diskusi pemecahan masalah matematika / Hardianto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hardianto. 2015. Penggunaan gesture siswa dalam memperbaiki kesalahan matematika siswa dalam proses diskusi pemecahan masalah matematika. Tesis Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Subanji M. Si. (II) Dr. Swasono Rahardjo S. Pd M. Si. Kata kunci gesture kesalahan matematika PISA. PISA merupakan salah satu tes yang mengukur kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Kemampuan anak Indonesia usia 15 tahun di bidang matematika sains dan membaca jika dibandingkan dengan anak-anak lain di dunia masih rendah. Indonesia berada di peringkat ke-64 dari 65 negara yang berpartisipasi dalam tes. Indonesia hanya sedikit lebih baik dari Peru yang berada di ranking terbawah. Rata-rata skor matematika anak-anak Indonesia 375 rata-rata skor membaca 396 dan rata-rata skor untuk sains 382. Padahal rata-rata skor data the Organization for Economic Cooperation and Development (OECD 2012) matematika membaca dan sains secara berurutan adalah 494 496 dan 501. Fakta tersebut merupakan salah satu alasan penulis untuk menggunakan soal PISA dalam penelitian ini. Penelitian awal yang dilakukan peneliti pada siswa SMA Negeri 1 Pammana menemukan beberapa kesalahan matematika yang dilakukan oleh siswa baik kesalahan konsep kesalahan teknis maupun kesalahan prosedur dalam memecahkan masalah matematika yang diberikan. Subjek dari penelitian ini adalah 6 orang siswa dari 29 siswa semester genap kelas X SMA Negeri 1 Pammana kabupaten Wajo Sulawesi Selatan tahun pelajaran 2014/2015. Keenam orang siswa tersebut terdiri dari dua siswa yang berkemampuan tinggi dua siswa yang berkemampuan sedang dan dua siswa yang berkemampuan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) siswa yang berkemampuan tinggi dapat memperbaiki kesalahan matematika siswa yang berkemampuan sedang dan rendah dalam proses diskusi pemecahan masalah matematika dengan menggunakan gesture yang meliputi pointing gesture writing gesture dan representational gesture (2) pointing gesture yang digunakan oleh siswa yang berkemampuan tinggi dapat memperbaiki kesalahan matematika siswa yang berkemampuan sedang dan rendah dalam proses diskusi pemecahan masalah matematika (3) writing gesture yang digunakan oleh siswa yang berkemampuan tinggi dapat memperbaiki kesalahan matematika siswa yang berkemampuan sedang dan rendah dalam proses diskusi pemecahan masalah matematika dan (4) representational gesture yang digunakan oleh siswa yang berkemampuan tinggi dapat memperbaiki kesalahan matematika siswa yang berkemampuan sedang dan rendah dalam proses diskusi pemecahan masalah matematika. Berdasarkan hasil penelitian disarankan bagi (1) calon peneliti selanjutnya perlu pengembangan kajian untuk melihat penggunaan gesture dengan pendekatan berbeda seperti penggunaan gesture guru untuk memperbaiki kesalahan matematika siswa dalam proses pembelajaran penggunaan gesture guru dalam proses belajar mengajar di sekolah luar biasa dan atau penggunaan gesture untuk mengatasi perbedaan bahasa dan daerah (2) penelitian yang akan datang perlu melihat gesture lain untuk mengatasi salah satu keterbatasan penelitian ini di mana yang menjadi fokus penelitian adalah pointing gesture writing gesture dan representational gesture (3) penelitian yang akan datang perlu dikembangkan pada area materi lain untuk mengatasi salah satu keterbatasan penelitian ini di mana yang menjadi fokus penelitian adalah soal-soal Pisa dan (4) bagi guru dapat menggunakan pointing gesture writing gesture dan representational gesture untuk memberi scaffolding pada siswanya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59497

Actions (login required)

View Item View Item