Setyawan, Deddy (2015) Penggunaan gelas air mineral untuk memahamkan barisan dan deret aritmatika melalui model guided discovery siswa kelas IX-A SMP negeri 1 Rejotangan / Deddy Setyawan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Setyawan Deddy. 2015. Penggunaan Gelas Air Mineral untuk Memahamkan Barisan dan Deret Aritmetika Melalui Model Guided Discovery Siswa Kelas IX-A SMP Negeri 1 Rejotangan. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Drs. Gatot Muhsetyo M.Sc (II) Prof. Dr. Cholis Sa dijah M.Pd M.A. Kata Kunci Gelas Air Mineral Barisan dan Deret Aritmetika Guided Discovery Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran dengan model guided discovery yang menggunakan gelas air mineral untuk memahamkan barisan dan deret aritmetika siswa kelas IX-A SMP Negeri 1 Rejotangan. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah 31 siswa kelas IX-A yaitu terdiri dari 15 siswa perempuan dan 16 siswa laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 8 Januari 2015 sampai dengan 30 Maret 2015. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini antara lain berasal dari (a) hasil observasi aktivitas guru dan pembelajaran siswa oleh dua orang observer (b) hasil pekerjaan dan penyelesaian LAS (Lembar Aktivitas Siswa) kuis dan tes akhir siklus oleh siswa (c) hasil catatan lapangan (d) transkrip wawancara dengan siswa dan (e) hasil rekaman video selama penelitian. Langkah-langkah pembelajaran dengan model guided discovery berbantuan gelas air mineral terdiri dari tiga kegiatan yakni kegiatan awal kegiatan inti dan kegiatan akhir. Kegiatan awal dan akhir merupakan kegiatan pembukaan dan penutupan pembelajaran. Pada kegiatan inti terdiri dari empat fase yakni (a) fase pendahuluan (b) fase berujung terbuka (open-ended phase) (c) fase pemusatan serta (d) fase penutup dan penerapan. Sebagai contoh pada fase pendahuluan peneliti menginformasikan garis besar kegiatan pembelajaran dan tujuan pembelajaran serta memberikan apersepsi dan motivasi. Pemberian apersepsi dan motivasi kepada siswa untuk memahamkan bentuk umum Sn peneliti menuliskan dua permasalahan yakni 1 4 7 10 dan 1 4 7 10 kemudian menunjuk siswa secara acak untuk mendeskripsikan persamaan dan perbedaan dari kedua permasalahan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) 85 71% dari banyak kelompok siswa telah tuntas melaksanakan diskusi kelompok pada Siklus I dan mencapai 100% pada Siklus II 2) 67 74% dari keseluruhan siswa memperoleh rata-rata nilai kuis 8805 75 pada Siklus I dan belum mencapai kriteria minimal 75% sedangkan pada Siklus II telah mencapai 90 32% 3) pada tes akhir siklus I diperoleh data bahwa 70 97% siswa memperoleh nilai 8805 75 hasil ini belum memenuhi kriteria keberhasilan tindakan pencapaian minimal sebesar 75% dan pada tes akhir Siklus II telah mencapai kriteria keberhasilan yakni 90 32% 4) skor rata-rata aktivitas guru pada Siklus I adalah 3 22 berada pada kategori Baik sedangkan pada Siklus II adalah 3 465 berada pada kategori Baik dan 5) skor rata-rata aktivitas pembelajaran siswa pada Siklus I adalah 2 83 berada pada kategori Cukup Baik sedangkan pada Siklus II adalah 3 165 berada pada kategori Baik . Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan gelas air mineral melalui model guided discovery dapat memahamkan siswa kelas IX-A SMP Negeri 1 Rejotangan terhadap materi barisan dan deret aritmetika sehingga pembelajaran ini dapat digunakan sebagai alternatif untuk memahamkan materi matematika.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Jul 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/59495 |
Actions (login required)
View Item |