Karakteristik gestur guru dalam memperabaiki kesalahan matematika siswa di kelas inklusif / Yunis Sulistyorini - Repositori Universitas Negeri Malang

Karakteristik gestur guru dalam memperabaiki kesalahan matematika siswa di kelas inklusif / Yunis Sulistyorini

Sulistyorini, Yunis (2015) Karakteristik gestur guru dalam memperabaiki kesalahan matematika siswa di kelas inklusif / Yunis Sulistyorini. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sulistyorini Yunis. 2015. Karakteristik Gestur Guru dalam Memperbaiki Kesalahan Matematika Siswa di Kelas Inklusif. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Subanji M.Si. (II) Dr. Makbul Muksar S.Pd M.Si. Kata kunci gestur guru kesalahan matematika siswa di kelas inklusif Siswa di kelas inklusif dalam penelitian ini merupakan siswa autis sindroma down dan lamban belajar. Siswa di kelas inklusif tersebut mempunyai karakteristik yang berpengaruh terhadap pembelajaran matematika dan menyebabkan kesalahan matematika sulit dihindari. Kesalahan matematika terdiri kesalahan perhitungan prosedural dan simbolik. Guru berperan dalam memperbaiki kesalahan matematika siswa dengan memberikan penjelasan yang diiringi gestur. Gestur dalam penelitian ini adalah gerakan tangan yang mengiringi penjelasan guru. Guru menyadari peran gestur dalam pembelajaran di kelas inklusif termasuk dalam memperbaiki kesalahan matematika siswa. Perbaikan kesalahan terdiri dari langkah awal utama dan lanjutan. Langkah awal merupakan deteksi kesalahan langkah utama merupakan koreksi kesalahan dan langkah lanjutan merupakan refleksi untuk mencegah adanya kesalahan yang sama. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik gestur guru dalam memperbaiki kesalahan matematika siswa di kelas inklusif. Karakteristik ini diharapkan mampu menjadi alternatif dalam menangani siswa di kelas inklusif terutama dalam memperbaiki kesalahan matematika. Subjek penelitian adalah guru matematika yang menangani siswa di kelas inklusif. Siswa di kelas inklusif terdiri dari siswa autis sindroma down dan lamban belajar. Data dalam penelitian terdiri dari rekaman pembelajaran catatan lapangan dan hasil wawancara dengan guru dan siswa. Penelitian dilaksanakan selama 5 kali pertemuan hingga didapatkan data yang jenuh. Data tersebut kemudian dianalisis yang dimulai dari tahap mengolah dan mempersiapkan data membaca keseluruhan data mengkoding data menerapkan proses koding untuk mendeskripsikan data menarasikan deskripsi data dan menginterpretasikan data. Hasil penelitian ini adalah karakteristik gestur guru dalam memperbaiki kesalahan matematika siswa di kelas inklusif. Pertama gestur menunjuk merupakan gestur yang paling banyak digunakan oleh guru dalam memperbaiki kesalahan matematika siswa di kelas inklusif digunakan guru pada langkah awal utama dan lanjutan perbaikan kesalahan dan digunakan guru ketika memperbaiki kesalahan perhitungan prosedural dan simbolik. Kedua gestur menulis merupakan gestur kedua yang paling banyak digunakan oleh guru dalam memperbaiki kesalahan matematika siswa di kelas inklusif hanya digunakan guru pada langkah utama perbaikan dan digunakan guru ketika memperbaiki kesalahan perhitungan prosedural dan simbolik. Ketiga gestur representasi merupakan gestur yang paling sedikit digunakan oleh guru dalam memperbaiki kesalahan matematika siswa di kelas inklusif hanya digunakan guru pada langkah utama perbaikan dan digunakan guru ketika memperbaiki kesalahan prosedural dan simbolik. Keempat gestur berperan dalam penyederhanaan penjelasan pada langkah utama perbaikan agar lebih mudah dipahami siswa di kelas inklusif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59494

Actions (login required)

View Item View Item