Pembelajaran kooperatif tipe team game tournament berbantuan komputer dalam materi lingkaran untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas VIIIa SMP Negeri 5 Membalong Kabupaten Belitung / Fujiarso - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran kooperatif tipe team game tournament berbantuan komputer dalam materi lingkaran untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas VIIIa SMP Negeri 5 Membalong Kabupaten Belitung / Fujiarso

Fujiarso (2015) Pembelajaran kooperatif tipe team game tournament berbantuan komputer dalam materi lingkaran untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas VIIIa SMP Negeri 5 Membalong Kabupaten Belitung / Fujiarso. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fujiarso. 2015. Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament berbantuan Komputer dalam Materi Lingkaran untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa kelas VIIIA SMP Negeri 5 Membalong Kabupaten Belitung. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Akbar Sutawidjaja M.Ed. Ph.D. (II) Dra. Santi Irawati M.Si. Ph.D. Kata kunci Pembelajaran kooperatif tipe TGT komputer minat dan hasil belajar Minat dan hasil belajar merupakan hal pokok yang ingin dicapai siswa dalam pendidikan formal. Observasi awal yang dilakukan menunjukkan adanya permasalahan pembelajaran matematika di SMP Negeri 5 Membalong antara lain masih adanya kecenderungan kegiatan pembelajaran yang berpusat pada guru siswa kurang berminat dalam belajar dan rendahnya hasil belajar matematika siswa. Berdasarkan kondisi tersebut perlu adanya peningkatan dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Tournament (TGT) berbantuan komputer merupakan salah satu alternatif yang dapat dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan komputer dalam materi lingkaran untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas VIIIA SMP Negeri 5 Membalong Kabupaten Belitung. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK ini dilaksanakan di kelas VIIIA tahun Pelajaran 2014/2015 SMP Negeri 5 Membalong dengan jumlah siswa 32 orang. Pelaksanaan tindakan terbagi menjadi dua siklus. Tes esai digunakan untuk mengukur hasil belajar kognitif dan angket untuk mengukur minat belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dihasil pembelajaran. Peningkatan ketuntasan klasikal siswa 12%. Minat belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 3 62% dan berada pada kategori baik sekali (sangat berminat). Keterlaksanaan pembelajaran yaitu 98% dan berada pada kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan komputer yang digunakan peneliti dengan melakukan modifikasi dari Amri dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Adapun tahapan yang digunakan oleh peneliti adalah presentasi kelas diskusi kelompok game turnamen dan penghargaan kelompok. Saran yang dapat disampaikan berdasarkan hasil penelitian adalah (1) agar guru dapat menerapkan pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan komputer dalam pembelajaran dikelas (2) agar guru dapat mengatur waktu dalam diskusi kelompok game dan turnamen karena membutuhkan waktu yang relatif lama (3) untuk mendorong minat belajar siswa guru sebaiknya menayangkan slide powerpoint sehingga siswa lebih tertarik dan terlibat dalam tanya jawab.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59492

Actions (login required)

View Item View Item