Pengembangan buku siswa topik program linear berbasis pembelajaran saintifik / Raingyusywaeko - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku siswa topik program linear berbasis pembelajaran saintifik / Raingyusywaeko

Raingyusywaeko (2015) Pengembangan buku siswa topik program linear berbasis pembelajaran saintifik / Raingyusywaeko. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Raingyusywaeko. 2015. Pengembangan Buku Siswa Topik Program Linear Berbasis Pembelajaran Saintifik. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Toto Nusantara M.Si. (2) Dr. Abdul Qohar M.T. Kata kunci pengembangan buku siswa program linear pembelajaran saintifik Penelitian awal di SMA Al Hikmah Surabaya menunjukkan bahwa siswa masih menunggu guru memberikan materi dan keterlibatan siswa secara aktif dalam pembelajaran masih rendah. Berdasarkan pengalaman peneliti dan wawancara dengan guru pengampu siswa merasa kesulitan dalam materi program linear. Selain itu buku siswa yang digunakan belum melibatkan siswa menemukan konsep. Oleh karena itu dibutuhkan buku siswa yang melibatkan siswa secara aktif dan terkait dengan kehidupan sehari-hari siswa. Buku siswa yang dikembangkan adalah buku siswa topik program linear berbasis pembelajaran saintifik. Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan buku siswa berbasis pembelajaran saintifik pada materi program linear yang valid praktis dan efektif. Kriteria valid didasarkan pada penilaian validator. Kepraktisan diperoleh melalui lembar observasi keterlaksanaan buku siswa dan aktivitas guru. Keefektifan buku siswa didasarkan pengamatan aktivitas siswa tes hasil belajar siswa dan angket respon siswa setelah menggunakan buku siswa. Pengembangan buku siswa ini mengacu model pengembangan Four- D yang dikembangkan oleh Thiagarajan Semmel dan Semmel (1974). Model ini mempunyai empat tahapan yaitu pendefinisian (define) perancangan (design) pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Hasil pengembangan berupa buku siswa pada tahap penyebaran dilakukan secara terbatas. Penelitian ini telah menghasilkan buku siswa yang valid berdasarkan penilaian dari validator yang diperoleh skor rata-rata seluruh aspek 3 39. Setelah melalui proses validasi dan revisi buku siswa kemudian diujicobakan kepada siswa kelas XI MIA 6 SMA Al Hikmah Surabaya untuk mengetahui kepraktisan dan keefektifannya. Hasil ujicoba diperoleh tingkat keterlaksanaan buku siswa dan aktivitas guru termasuk dalam kategori tinggi sehingga dapat disimpulkan bahwa buku siswa yang dikembangkan praktis. Berdasarkan hasil tes belajar siswa diperoleh data 17 siswa dari 21 siswa mendapatkan nilai minimal 75. Dari data tersebut diperoleh hasil persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 80 95% sehingga memenuhi kriteria. Aktivitas siswa termasuk dalam kategori sangat aktif. Analisa data agket respon siswa diperoleh respon siswa positif. Sehingga dari hasil analisa ketuntasan belajar siswa aktivitas siswa dan respon siswa diperoleh kesimpulan bahwa buku siswa yang dikembangkan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59490

Actions (login required)

View Item View Item