Analisis kemampuan guru kelas dalam menerapkan delapan keterampilan dasar mengajar di SDN Gampengrejo Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri / Mar'ati Lutfi - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kemampuan guru kelas dalam menerapkan delapan keterampilan dasar mengajar di SDN Gampengrejo Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri / Mar'ati Lutfi

Lutfi, Mar'ati (2015) Analisis kemampuan guru kelas dalam menerapkan delapan keterampilan dasar mengajar di SDN Gampengrejo Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri / Mar'ati Lutfi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lutfi Mar ati. 2015. Analisis Kemampuan Guru Kelas dalam Menerapkan Delapan Keterampilan Dasar Mengajar di SDN Gampengrejo Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Guru Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sutrisno S.Pd M.Pd (II) Dra. Ratna Trieka Agustina S.Pd M.Pd. Kata kunci Kemampuan guru kelas keterampilan dasar mengajar SD. Guru yang profesional harus memiliki kompetensi untuk melakukan tugas pendidikan dan pengajaran. Guru harus menguasai keterampilan dasar mengajar yang merupakan salah satu aspek penting dalam kompetensi guru supaya dapat melaksanakan tugas dengan baik. Berdasarkan observasi kegiatan pembelajaran di kelas V SDN Gampengrejo guru belum menerapkan pembelajaran yang sesuai dengan delapan keterampilan dasar mengajar. Berdasarkan wawancara guru kelas V juga tidak dapat menjelaskan dengan tepat komponen-komponen yang terdapat dalam delapan keterampilan dasar mengajar.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1)wawasan guru kelas di SDN Gampengrejo tentang delapan keterampilan dasar mengajar (2) pelaksanaan delapan keterampilan dasar mengajaroleh guru kelas serta (3) kendala yang dihadapi guru kelas dalam menerapkan delapan keterampilan dasar mengajar. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini yaitu tujuh guru kelas serta siswa kelas I II III IVA IVB V dan VI di SDN Gampengrejo. Pengumpulan data dilakukan dengan tekhnik observasi wawancara angket terbuka dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrumen kunci dalam penelitian ini dan instrumen yang digunakan ialah pedoman observasi wawancara angket serta dokumentasi. Untuk menjaga keabsahan data digunakan triangulasi tekhnik pengumpulan data dan sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wawasan tentang delapan kerampilan dasar mengajar oleh guru kelas sudah baik dengan persentase 51 79%.Pelaksanaan keterampilan dasar mengajar sudah baik diterapkan oleh guru kelas namun masih belum optimal. Keterampilan dasar mengajar yang diterapkan oleh guru kelas di SDN Gampengrejo dengan persentase 56 84%.Hal tersebut disebabkan guru mengalami 40 48% kendala dalam menerapkan delapan keterampilan dasar mengajar antara lain motivasi guru kurang dan keterbatasan sarana dan prasarana di sekolah. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa wawasan guru kelas terhadap delapan keterampilan dasar mengajar sudah baik pelaksanaannya juga sudah baik. Kendala yang dihadapi guru karena kurangnya motivasi guru untuk menerapkan keterampilan dasar mengajar sesuai komponennya. Oleh karena itu diharapkan dari pihak kepala sekolah untuk memberikan motivasi kepada guru supaya melaksanakan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan komponen dalam delapan keterampilan dasar mengajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5949

Actions (login required)

View Item View Item