Jauharoh, Iva (2015) Pengembangan lembar kegiatan siswa untuk pembelajaran trigonometri siswa kelas X SMA melalui pendekatan saintifik / Iva Jauharoh. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Jauharoh Iva 2015. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Untuk Pembelajaran Trigonometri Siswa Kelas X SMA melalui Pendekatan Saintifik. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Toto Nusantara M. Sc (2) Dr. Abdul Qohar M.T. Kata Kunci Lembar Kegiatan Siswa Trigonometri Pendekatan Saintifik Model Pengembangan 4D oleh Thiagarajan. Berdasarkan hasil wawancara dengan teman sejawat dan siswa diperoleh informasi bahwa siswa mengalami kesulitan mempelajari materi trigonometri. Kesulitan ini disebabkan karena trigonometri merupakan materi baru bagi siswa kelas X. Lagi pula dalam proses pembelajaran guru tidak menghubungkan materi dengan kehidupan sehari-hari siswa. Bahan ajar yang digunakan siswa tebal dengan banyak teks dibandingkan gambar. Bentuk seperti ini menyebabkan siswa yang mempunyai minat baca rendah malas mempelajari buku. Oleh karena itu perlu disusun bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik siswa dalam mempelajari trigonometri. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS untuk pembelajaran trigonometri kelas X SMA melalui pendekatan saintifik yang valid praktis dan efektif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) merujuk model pengembangan 4D. Model 4D dikembangkan oleh Thiagarajan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 3 SMA Negeri 1 Berbek yang berjumlah 35 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara observasi dan tes. Hasil penelitian ini berupa LKS untuk pembelajaran trigonometri siswa kelas X melalui pendekatan saintifik yang valid praktis dan efektif. Hal ini dibuktikan dari hasil validasi menurut ketiga validator diperoleh skor kevalidan produk pengembangan yang terdiri dari LKS dan RPP berturut-turut 3 47 dan 3 16 dari skor maksimal 4. Berdasarkan hasil penilaian di atas LKS dan RPP yang disusun telah memenuhi kriteria valid. Hasil observasi mengenai tingkat keterlaksanaan penggunaan LKS berada dalam kategori tinggi dan hasil observasi aktivitas guru dalam kategori aktif sehingga Lembar Kegiatan Siswa memenuhi kriteria kepraktisan. Keefektifan diamati melalui beberapa indikator yaitu (1) Nilai tes siswa (2) observasi aktivitas siswa dan (3) angket respon siswa. Berdasarkan uji coba yang dilakukan diperoleh hasil yaitu sebanyak 80% siswa mendapat nilai minimal 75 sehingga kriteria ketuntasan belajar yang diharapkan sudah terpenuhi. Observasi aktivitas siswa dalam kategori aktif dan berdasarkan perhitungan angket respon siswa menunjukkan bahwa respon siswa positif. Berdasarkan indikator-indikator tersebut dapat disimpulkan Lembar Kegiatan Siswa yang dikembangkan telah memenuhi keefektifan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Jun 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/59489 |
Actions (login required)
View Item |