Penggunaan pendekatan saintifik untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada materi persamaan linear satu variabel kelas VII SMP / Indah Sulistyowati Rahayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan pendekatan saintifik untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada materi persamaan linear satu variabel kelas VII SMP / Indah Sulistyowati Rahayu

Rahayu, Indah Sulistyowati (2015) Penggunaan pendekatan saintifik untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada materi persamaan linear satu variabel kelas VII SMP / Indah Sulistyowati Rahayu. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahayu Indah Sulistyowati. 2014. Penggunaan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel Kelas VII SMP . Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Abdur Rahman As ari M.Pd. M.A. (II) Dr. Makbul Muksar S.Pd. M.Si. Kata Kunci Pendidikan Saintifik KeaktifanSiswa Hasil Belajar PLSV Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran dengan pendekatan saintifik yang dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada materi persamaan linear satu variabel kelas VII SMP.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian 32 siswa kelas 7A SMP Negeri 1 Tirtoyudo Kabupaten Malang tahun ajaran 2014/2015. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa pada materi persamaan linear satu variabelkarena pada saat kegiatan pembelajaran guru mengacu pada lima langkah pembelajarandalam pendekatan saintifik yang telah direncanakan demikian pula siswa dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran mengikuti pola yang ditetapkan guru. Lima langkah pembelajaran dalam pendekatan saintifik mencakup (1) Mengamati guru menyajikan dialog yang berisi contoh kalimat tertutup dan kalimat terbuka contoh variabel dan bukan variabel contoh persamaan yang merupakan PLSV dan bukan PLSV serta langkah-langkah membuat model matematika dari suatu soal cerita serta prosedur penyelesaiannya melalui tampilan powerpointdisertai dengan intonasi suara dan gesture serta berada di depan siswa (2) Menanya guru memberikan waktu bagi siswa untuk berpikir tentang apa yang mereka amati memberi bantuan dengan pertanyaan-pertanyaan yang menimbulkan pertanyaan bagi siswa atau tugas yang meminta siswa membuat pertanyaan dengan memuat kata yang telah ditentukan. (3) Menggali informasi guru memberikan tugas yang membimbing siswa untuk mengumpulkan informasi (4) Mengasosiasi guru membimbing siswa dengan memberikan scaffolding kepada siswa seperti meminta siswa membuat tabel/grafik mencoba-coba untuk dapat mengaitkan informasi yang sehingga bisa dibuat kesimpulan (5) Mengomunikasikan guru memantau jalannya diskusi kelas (melihat dan mendengarkan ide/pendapat yang siswa sampaikan) dan membimbing siswa untuk mendapatkan jawaban serta kesimpulan yang tepat. Berdasarkan penelitian ini peneliti memberikan saran (1) Guru harus menyediakan waktu mengecek dan memperbaiki kemampuan prasyarat siswa agar proses pembelajaran dapat berjalan sesuai dengan yang direncanakan (2) Dukungan motivasi dan bimbingan (scaffolding) guru masih diperlukan pada setiap tahapan pembelajaran dengan pendekatan saintifik (3) Selain memahami dan menguasai materi guru juga harus memperhatikan komunikasi non-verbal mereka seperti nada suara gerakan tubuh kontak mata ekspresi wajah atau jarak spasial (4) Pembelajaran dengan pendekatan saintifik tidak cukup dilaksanakan satu atau dua kali pertemuan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59488

Actions (login required)

View Item View Item