Penerapan pembelajaran matematika realistik untuk memahamkan materi himpunan pada siswa kelas VII A SMP Islam Druju Kabupaten Malang / Ismanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran matematika realistik untuk memahamkan materi himpunan pada siswa kelas VII A SMP Islam Druju Kabupaten Malang / Ismanto

Ismanto (2015) Penerapan pembelajaran matematika realistik untuk memahamkan materi himpunan pada siswa kelas VII A SMP Islam Druju Kabupaten Malang / Ismanto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ismanto. 2015. Penerapan Pembelajaran Matemtika Realistik Untuk Memahamkan Materi Himpunan Pada Siswa Kelas VII A SMP Islam Druju Kabupaten Malang. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Cholis Sa dijah M.Pd. M.A. dan (II) Dra. Santi Irawati M.Si. Ph.D Kata Kunci Pembelajaran Matematika Realistik memahamkan materi himpunan. Sebagai bagian dari aljabar materi himpunan sangat penting bagi siswa. Di samping digunakan untuk mempelajari matematika lebih lanjut pengetahuan materi ini dapat digunakan untuk memecahkan masalah kehidupan sehari-hari mereka. Tetapi kenyataan di lapangan menunjukkan proses pembelajaran matematika di kelas VII A SMP Islam Druju masih menekankan pada keterampilan procedural dan tidak menekankan pada pemahaman konsep. Hal ini menyebabkan siswa kesulitan memahami materi karena mereka hanya bekerja sesuai dengan yang dicontohkan tanpa mengetahui maknanya. Berdasarkan hal tersebut maka salah satu upaya yang dilakukan untuk memperbaiki pembelajaran matematika adalah dengan menerapkan pembelajaran matematika realistik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengembangkan langkah-langkah pembelajaran matematika realistik sehingga dapat memahamkan siswa kelas VII SMP pada materi himpunan. Penelitian dilaksanakan dalam kelas VII A SMP Islam Druju Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 20 siswa. Data dikumpulkan dari hasil tes akhir tindakan observasi dan wawancara. Pembelajaran matematika realistik yang diterapkan sebagai berikut menggunakan konteks untuk memotivasi siswa memahami masalah kontekstual menyelesaikan masalah kontekstual membandingkan dan mendiskusikan jawaban dan menyimpulkan materi yang dipelajari. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh 90% siswa memperoleh skor minimal 75 pada tes akhir siklus aktivitas guru berada pada kriteria sangat baik aktivitas siswa berada pada kriteria baik dan hasil wawancara yang dilakukan pada empat subyek wawancara telah memahami materi himpunan. Hal ini berarti penerapan pembelajaran matematika realistik dapat memahamkan siswa kelas VII A SMP Islam Druju Kabupaten Malang pada materi himpunan. Dalam pembelajaran matematika peneliti menyarankan kepada guru untuk menggunakan (1) pembelajaran matematika realistik (2) LKS yang memberikan kesempatan siswa untuk mengembangkan pemahaman mereka.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59487

Actions (login required)

View Item View Item