Irawati (2015) Penerapan pembelajaran inquiry berbantuan benda manipulatif untuk memahamkan materi statistik kelas XI IPS di SMA Selamat Pagi Indonesia Kota Batu / Irawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Irawati. 2014. Penerapan Pembelajaran Inquiry Berbantuan Benda Manipulatif Untuk Memahamkan Materi Statistik Kelas XI IPS Di SMA Selamat Pagi Indonesia Kota Batu. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Drs. Gatot Muhsetyo M. Si (II) Dr. Sri Mulyati M.Pd Kata Kunci Pembelajaran Inquiry Statistik Benda Manipulatif Pembelajaran statistik masih banyak diajarkan dengan pengenalan rumus tanpa banyak diarahkan kepada pemahaman akan konsep. Lemahnya pemahaman tentang statistik juga dialami oleh siswa di SMA Selamat Pagi Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pembelajaran inquiry berbantuan benda manipulatif untuk memahamkan materi statistik kelas XI IPS di SMA Selamat Pagi Indonesia Kota Batu. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK ini dilaksanakan di kelas XI tahun Pelajaran 2014/2015 SMA Selamat Pagi Indonesia Kota Batu jumlah siswa 20 orang. Pengumpulan data melalui observasi lembar pengamatan catatan lapangan dan tes akhir siklus. Ada lima bentuk aktifitas utama dalam pembelajaran Inquiry yaitu (a) Questioning (b) Observing (c) Reasoning (d) Interpreting dan (e) Evaluating. Hasil observasi dari observer terhadap pelaksanaan pembelajaran pada siklus II menunjukkan bahwa pembelajaran lebih baik daripada siklus I. Pada siklus I skor pengamatan terhadap aktivitas guru 3 51 dan skor pengamatan aktivitas siswa 3 32. Pada siklus II skor pengamatan aktivitas guru 3 67 sedangkan skor pengamatan aktivitas siswa 3 58. Pada aktifitas guru skor meningkat 0 16 dan skor aktifitas siswa meningkat 0 26 dari tindakan 1. Hasil Tes akhir siswa pada siklus II menunjukkan peningkatan daripada siklus I. Pada siklus I terdapat 13 siswa atau sekitar 65% memperoleh nilai lebih dari 75. Sedangkan rata-rata klasikal dari tes akhir tindakan 1 adalah 80 3. Pada siklus II terdapat 14 siswa atau sekitar 70% memperoleh nilai lebih dari 75. Sedangkan rata-rata klasikal dari tes akhir tindakan 2 adalah 86 6 mengalami peningkatan sebesar 6 3 dari tindakan 1. Kesalahan-kesalahan siswa terdapat dalam menghitung nilai mean pada data berfrekuensi dan menentukan nilai kuartil sudah berkurang. Menggunakan pembelajaran Inquiry pada materi statistik (a) siswa menjadi lebih aktif melatih dan membiasakan siswa untuk membangun pemahaman mereka sendiri karena siswa terlibat langsung dalam melakukan percobaan dan menemukan konsep (b) meningkatkan motivasi dalam belajar (c) mengembangkan sosial bahasa dan kepercayaan diri tampil di muka umum. Pembelajaran yang berbantuan benda manipulatif berupa timbangan sederhana dan penggaris berskala pada materi statistik (a) menghadirkan kesenangan tersendiri bagi siswa (b) merangsang antusiasme siswa dalam pembelajaran (c) membantu siswa dalam memahami konsep ukuran statistik. Saran yang dapat disampaikan berdasarkan hasil penelitian adalah (1) beban untuk benda manipulatif yang berupa koin bisa diganti dengan kepingan magnet (2) untuk menghindari kemungkinan siswa menjadikan timbangan penggaris dan koin sebagai bahan mainan bisa dilakukan dengan membuat aturan yang telah disepakati bersama mengenai sanksi yang diberikan jika ada yang menyalahgunakan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 May 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/59486 |
Actions (login required)
View Item |