Penggunaan resep makanan dan struk belanja untuk memahamkan materi aritmetika sosial pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sungai Raya melalui pendekatan RME / Hartono - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan resep makanan dan struk belanja untuk memahamkan materi aritmetika sosial pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sungai Raya melalui pendekatan RME / Hartono

Hartono (2015) Penggunaan resep makanan dan struk belanja untuk memahamkan materi aritmetika sosial pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sungai Raya melalui pendekatan RME / Hartono. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hartono. 2014. Penggunaan Resep Makanan dan Struk Belanja untuk Memahamkan Materi Aritmetika Sosial pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Sungai Raya melalui Pendekatan RME Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Prof. Drs. Gatot Muhsetyo M.Sc (2) Dr. Hery Susanto M.Si. Kata kunci Resep Makana dan Struk Belanja aritmetika sosial Pendekatan RME. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan penggunaan resep makanan dan struk belanja untuk memahamkan materi aritmetika sosial pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sungai Raya melalui pendekatan realistic mathematic education (RME). Alasan untuk melaksanakan penelitian didasarkan pada hasil observasi awal yang menunjukkan bahwa pemahaman siswa yang sudah mempelajari aritmetika sosial cenderung masih rendah terlihat siswa masih melakukan kesalahan dalam menentukan keuntungan. Belajar matematika yang sudah ada dirasa kurang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari siswa sebab pembelajaran matematika tidak memanfaatkan benda-benda yang ada di sekitar siswa. Proses pembelajaran yang terjadi tidak fleksibel Guru cenderung mengajarkan dengan memberikan definisi formal terlebih dahulu dilanjutkan dengan contoh dan latihan soal. Pemahamantentang konstruktivis mengarahkan agar belajar dilakukan oleh siswa sendiri. Dalam membangun pemahamannya maka pembelajaran dirancang dengan menggunakan pendekatan RME melalui masalah resep makanan dan struk belanja untuk memahami materi aritmetika sosial meliputi harga harga jual harga beli untung rugi potongan harga pajak. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sungai Raya yang mengikuti kegiatan pembelajaran. Data yang dikumpulkan berasal dari a) hasil belajar siswa secara tertulis b) hasil wawancara c) hasil observasi dan d) hasil catatan lapangan. Langkah-langkah penggunaan resep makanan dan struk belanja untuk memahamkan materi aritmetika sosial melalui pendekatan RME adalah memberikan siswa tugas untuk memperoleh resep makanan beserta daftar harga bahan berupa struk belanja pada siklus pertama dan memperoleh struk belanja yang baru pada siklus kedua. Langkah-langkah yang dapat meningkatkan pemahaman siswa terdiri dari tiga tahapan yaitu kegiatan awal kegiatan inti dan kegiatan akhir. Kegiatan awal terdiri dari apersepsi motivasi dan orientasi tujuan. Kegiatan inti terdiri dari memahami masalah kontekstual menyusun strategi penyelesaian masalah menyelesaikan masalah membandingkan melalui diskusi kelas. Kegiatan akhir berupa menyimpulkan hasil pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran matematika untuk memahamkan materi aritmetika sosial menggunakan resep makanan dan struk belanja melalui pendekatan RME dapat dilihat pemahaman konseptual dan prosedural siswa. Pemahaman konseptual dilihat dari hasil belajar siswa berupa nilai akhir siswa yaitu dari siklus I ke siklus II mengalami tuntas klasikal secara keseluruhan. Pemahaman prosedural dilihat dari proporsi kesalahan pada jawaban tes akhir siswa yaitu dari siklus I ke siklus II mengalami penurunan proporsi kesalahan dari sekitar 70% ke sekitar 30%. Selain pemahaman siswa aktivitas belajar siswa juga terkategori baik sehingga penelitian dikatakan berhasil.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Feb 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59483

Actions (login required)

View Item View Item