Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) untuk meningkatkan pemahaman konsep barisan dan deret pada siswa kelas X MM 3 SMKN 12 Malang / Suparno - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) untuk meningkatkan pemahaman konsep barisan dan deret pada siswa kelas X MM 3 SMKN 12 Malang / Suparno

Suparno (2015) Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) untuk meningkatkan pemahaman konsep barisan dan deret pada siswa kelas X MM 3 SMKN 12 Malang / Suparno. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Suparno 2014. Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Barisan dan Deret Pada Siswa Kelas X MM 3 SMKN 12 Malang. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof.Dr. H. Ipung Yuwono MS M.Sc (II) Dr. H. Makbul Muksar M.Si Kata kunci Pemahaman Barisan dan Deret Realistic Mathematics Education. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya masalah yang dihadapi siswa SMK Negeri 12 Malang yaitu masih ada siswa yang kesulitan dalam memahami materi barisan dan deret. Dari hasil pengamatan dan diskusi peneliti menemukan bahwa pembelajaran masih berpusat pada guru. Pembelajaran kurang memberikan kesempatan pada siswa untuk menemukan sendiri konsep barisan dan deret. Oleh karena itu diperlukan usaha yang serius dalam membangun pemahaman siswa terhadap konsep barisan dan deret. Usaha yang dapat dilakukan peneliti untuk menyelesaikan persoalan ini adalah dengan menerapkan pembelajaran matematika realistik(RME). Dalam pembelajaran realistic mathematics educations (RME) diharapkan aktivitas pembelajaran di SMK Negeri 12 Malang tidak lagi terpusat pada guru tetapi terpusat pada siswa bahkan terpusat pada pemecahan masalah kontekstual. Guru berfungsi sebagai pembimbing dalam menyeleksi dan mengarahkan berbagai konstribusi siswa melalui pemecahan masalah kontekstual yang diberikan di awal pembelajaan. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran realistic mathematics education (RME) yang dapat meningkatkan pemahaman konsep barisan dan deret pada siswa kelas X SMK Negeri 12 Malang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua Siklus . siklus 1 terdiri atas 3 pertemuan dan siklus 2 terdiri 2 pertemuan. Sumber data yang yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MM 3 SMKN 12 Malang yang mengikuti kegiatan pembelajaran. Data yang dikumpulkan antara lain berasal dari a) hasil tes siswa yang meliputi tes awal Kuis dan tes akhir tindakan siklus 1 maupun siklus 2. b) hasil observasi c) hasil wawancara dan hasil catatan lapangan. 12288 12288 12288 12288 Langkah-langkah pembelajaran RME yang dapat meningkatkan pemahaman siswa yang terdiri dari 4 tahap yaitu ( 1) memahami masalah. Guru memberikan LKS yang berisi masalah kontekstual yang dikaitkan dengan barisan dan deret dan meminta siswa untuk memahami masalah tersebut. (2) menyelesaikan masalah kontekstual. Secara individu atau kelompok siswa menyelesaikan kontekstual dengan cara mereka sendiri.(3)Mendiskusikan jawaban. Guru menyediakan waktu dan kesempatan pada siswa untuk mendiskusikan cara penyelesaian masalah secara kelompok untuk selanjutnya dibawah dalam diskusi kelas. Guru membimbing siswa dalam kegiatan diskusi kelas sehingga terjadi matematisasi vertikal. (4)Membuat rangkuman. Dari hasil diskusi guru mengarahkan siswa untuk membuat rangkuman tentang konsep barisan dan deret. 12288 12288 12288 12288 Saran yang dapat dikemukakan untuk pembelajaran berikutnya antara lain (1) Lebih aktif dalam mendesign dan membuat LKS (2) Mempertegas waktu yang digunakan untuk diskusi kelompok dan (3) Memberi motivasi pada siswa agar dapat berperan aktif dalam diskusi kelompok

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59482

Actions (login required)

View Item View Item