Nurdiana, Ida Safrida Sri (2015) Diagnosis kesulitas siswa berkecerdasan kinestetik dalam pemecahan masalah matematika dan pelaksanaan scaffolding / Ida Safrida Sri Nurdiana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Nurdiana Ida Safrida Sri. 2014. Diagnosis Kesulitan Siswa Berkecerdasan Kinestetik dalam Pemecahan Masalah Matematika dan Pelaksanaan Scaffolding. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Subanji M.Si (II) Dr. Hery Susanto M.Si Kata Kunci Diagnosis Kesulitan Kinestetik Pemecahan masalah matematika Scaffolding 12288 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesulitan yang dialami siswa SMAN 1 Ambunten yang mempunyai kecerdasan kinestetik dalam memecahkan masalah matematika dan mendeskripsikan Scaffolding yang tepat untuk mengatasi kesulitan itu. 12288 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Data utama dalam penelitian ini adalah ungkapan dan tindakan siswa yang berkecerdasan kinestetik dalam menyelesaikan masalah matematika. Instrumen utama adalah peneliti sendiri instrumen pendukung dalam penelitian ini adalah a). tes Multiple Intelegence Research yaitu tes yang digunakan untuk mengetahui kecerdasan seseorang b) lembar tes diagnosis berupa tugas yang harus di kerjakan siswa. TES MIR (Multiple Intelegence Research) diberikan pada 25 orang siswa. Berdasarkan hasil tes MIR maka diperoleh siswa yang berkecerdasan kinestetik sebanyak 8 siswa dari 8 siswa diberi soal tes diagnosis. Berdasarkan analisis hasil tes diagnosis maka ditetapkan subjek penelitian sebanyak 4 siswa penetapan subjek penelitian dari 8 siswa berkecerdasan kinestetik menjadi 4 subjek penelitian dilihat dari letak kesulitan berbeda yang dialami oleh siswa. Subjek dalam penelitian ini yaitu S1 S2 S3 dan S4. Selanjutnya subjek penelitian di wawancara dan diberi scaffolding sesuai dengan letak kesulitannya. 12288 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini adalah jenis kesulitan yang dialami oleh siswa yang berkecerdasan kinestetik dan pemberian scaffolding yang sesuai dengan kesulitan siswa. Kesulitan yang dialami oleh siswa yang berkecerdasan kinestetik terletak pada (1) memahami masalah terjadi pada S1 dan S2. Scaffolding yang sesuai dengan kesulitan ini adalah (a) menanyakan kembali kebenaran apa yang ditulis (b) meminta siswa membaca kembali soal dengan cermat sehingga mampu menggali semua informasi dan memahami masalah (2) menyatakan fakta dalam kalimat matematika terjadi pada S1 S2 dan S3. Scaffolding yang sesuai dengan kesulitan ini adalah (a) menanyakan kembali kebenaran apa yang ditulis (b) mengingatkan kembali rumus-rumus yang pernah dipelajari sebelumnya dengan meminta menyatakan fakta yang diketahui dan ditanyakan dalam soal dengan benar (3) menggunakan dan mengaitkan konsep-konsep matematika yang telah dipelajari sebelumnya terjadi pada S1 S2 S3 dan S4. Scaffolding yang sesuai dengan kesulitan ini adalah mengingatkan dengan pertanyaan arahan tentang rumus yang sesuai dengan soal (4) memeriksa kembali hasil perhitungan yang telah diperoleh dan mengkomunikasikan jawaban terjadi pada S1 S2 S3 dan S4. Scaffolding yang sesuai dengan kesulitan ini adalah (a) menanyakan kembali kebenaran hasil yang telah diperolehnya (b) mengingatkan kembali kegunaan dari mencari cara lain dalam soal .
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Jan 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/59481 |
Actions (login required)
View Item |