Proses berpikir kreatif siswa berdasarkan gender dalam menyelesaikan soal matematika open ended di kelas XI SMK Wisnuwardhana Malang / Firda Alfiana Patricia - Repositori Universitas Negeri Malang

Proses berpikir kreatif siswa berdasarkan gender dalam menyelesaikan soal matematika open ended di kelas XI SMK Wisnuwardhana Malang / Firda Alfiana Patricia

Patricia, Firda Alfiana (2015) Proses berpikir kreatif siswa berdasarkan gender dalam menyelesaikan soal matematika open ended di kelas XI SMK Wisnuwardhana Malang / Firda Alfiana Patricia. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kreativitas merupakan suatu tuntutan pendidikan dan kehidupan yang sangat penting pada saat ini. Kreativitas akan menghasilkan berbagai inovasi dan perkembangan baru dalam suatu kehidupan. Salah satu karakteristik kurikulum 2013 adalah mengembangkan keseimbangan antara pengembangan sikap spiritual dan sosial rasa ingin tahu kreativitas kerja sama dengan kemampuan intelektual dan psikomotorik. Masalah terbuka (open ended) dianggap mempunyai hubungan yang dekat dengan kreativitas karena menuntut siswa untuk menemukan lebih dari satu jawaban dan cara yang benar untuk menyelesaikannya. Maka dalam hal ini kemampuan berpikir kreatif sangat diperlukan. Sehingga masalah terbuka (open ended) merupakan salah satu masalah dalam matematika yang dapat mengembangkan potensi kreativitas siswa. Dalam suatu kelas juga terdapat keragaman gender atau perbedaan jenis kelamin yaitu siswa putra dan putri. Sampai saat ini penelitian tentang kreativitas dari sudut pandang gender (jenis kelamin) masih penting untuk dilakukan dan dikembangkan lebih lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir kreatif siswa berdasarkan gender dalam menyelesaikan masalah matematika open ended. Subjek penelitian yang dipilih adalah 3 siswa perempuan dan 3 siswa laki-laki dengan kategori kemampuan matematika tinggi sedang dan rendah. Deskripsi tentang proses berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal open ended ini dipaparkan berdasarkan pada hasil pekerjaan tertulis siswa dan hasil wawancara yang dilakukan oleh peneliti dengan subjek penelitian. Dalam mendeskripsikan proses berpikir kreatif siswa peneliti akan memperhatikan tahap persiapan inkubasi iluminasi dan verifikasi. Dari hasil penelitian yang sudah dilakukan di kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Wisnuwardhana Malang menunjukkan bahwa pada tahap persiapan (preparation) siswa perempuan membaca permasalahan yang diajukan kemudian berusaha memahaminya dan mengumpulkan informasi atau data yang ada pada masalah yang diajukan untuk menemukan cara dalam menyelesaikan masalah matematika open ended tersebut . Pada tahap inkubasi (incubation) siswa perempuan diam sejenak kemudian mampu mengaitkan dengan materi yang relevan. Pada tahap iluminasi (illumination) siswa perempuan menemukan cara penyelesaian dan mampu menyelesaikan masalah yang diajukan. Pada tahap verifikasi (verification) siswa perempuan membandingkan jawaban yang didapatkan dari setiap cara yang berbeda untuk meyakinkan bahwa cara dan jawaban tersebut sudah benar dan mengecek kembali hasil pekerjaannya. Pada tahap persiapan (preparation) siswa laki-laki membaca permasalahan yang diajukan berusaha memahami maksud soal dan mengumpulkan informasi yang ada pada soal tersebut untuk menemukan cara penyelesaian. Pada tahap inkubasi (incubation) siswa laki-laki diam sejenak kemudian mengaitkan soal dengan materi yang relevan dan pengalaman pribadi. Pada tahap iluminasi (illumination) siswa laki-laki sudah menemukan cara penyelesaian dan menentukan jawabannya. Pada tahap verifikasi (verification) siswa laki-laki mengecek kembali cara dan jawaban yang sudah ditentukan. Dari penelitian yang sudah dilakukan oleh peneliti ada beberapa hal yang dapat ditindaklanjuti ke depannya diantaranya dalam pembelajaran guru diharapkan lebih sering mengaitkan materi yang diajarkan dengan permasalahan dalam kehidupan nyata agar dalam tahap inkubasi (incubation) siswa perempuan juga mampu mengaitkan dengan informasi dari luar masalah yang diajukan. Guru diharapkan untuk selalu membiasakan siswanya melakukan verifikasi (verification) setelah selesai menentukan penyelesaian dari suatu permasalahan untuk melatih rasa percaya diri terhadap kemampuan dan hasil pekerjaannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59480

Actions (login required)

View Item View Item