Peningkatan pemahaman jenis-jenis pekerjaan melalui model mind mapping pada kelas III SDN Sumber 02 Kabupaten Blitar / Erlinda Puspitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan pemahaman jenis-jenis pekerjaan melalui model mind mapping pada kelas III SDN Sumber 02 Kabupaten Blitar / Erlinda Puspitasari

Puspitasari, Erlinda (2015) Peningkatan pemahaman jenis-jenis pekerjaan melalui model mind mapping pada kelas III SDN Sumber 02 Kabupaten Blitar / Erlinda Puspitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Puspitasari Erlinda. 2015. Peningkatan Pemahaman Jenis-jenis Pekerjaan Melalui Model Mind Mapping Pada Kelas III SDN Sumber 02 Kabupaten Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Suwarti S.Pd M.Pd (2) Dra Sutansi M.Pd Kata Kunci pemahaman jenis-jenis pekerjaan mind mapping hasil belajar Berdasarkan hasil observasi awal di kelas III SDN Sumber 02 Kabupaten Blitar pada jenis-jenis pekerjaan terdapat permasalah yang muncul baik dari siswa maupun guru yaitu siswa belum paham tentang macam-macam jenis-jenis pekerjaan hal ini tampak saat guru memberikan pertanyaan siswa hanya bisa menyebutkan jenis pekerjaan petani saja padahal jenis-jenis pekerjaan sangat banyak macamnya siswa tidak bisa membedakan jenis pekerjaan yang menghasilkan barang dan jenis pekerjaan yang menghasilkan jasa siswa saat diberikan tugas dari guru juga masih banyak yang salah menjawabnya akibatnya hasil belajar siswa tentang jenis-jenis pekerjaan dikelas III masih dibawah KKM. Guru dalam memberikan pembelajaran kurang bisa memanfaatkan media dan model untuk memancing siswa dalam mengembangkan pemahaman terhadap materi yang diberikan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan model Mind Mapping dalam meningkatkan pemahaman jenis-jenis pekerjaan pada siswa kelas III SDN Sumber 02 Kabupaten Blitar (2) mendeskripsikan penerapan model Mind Mapping dapat meningkatkan pemahaman jenis-jenis pekerjaan pada siswa kelas III SDN Sumber 02 Kabupaten Blitar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus selama 4 kali pertemuan. Setiap siklus dilaksanakan melalui 4 tahap yaitu perencanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas III SDN Sumber 02 Kabupaten Blitar yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi wawancara tes dokumentasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model Mind Mapping pada siswa kelas III SDN Sumber 02 yaitu pada tahap pratindakan ketuntas siswa mencapai 45% dan meningkat menjadi 73% pada siklus I dan pada siklus II jumlah ini meningkat menjadi 100%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Mind Mapping dapat meningkatkan pemahaman siswa pada pembelajaran jenis-jenis pekerjaan dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran jenis-jenis pekerjaan. Oleh karena itu disarankan agar guru menerapkan model Mind Mapping saat proses pembelajaran khususnya pada pembelajaran IPS jenis-jenis pekerjaan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5948

Actions (login required)

View Item View Item