Widoko (2015) Pembelajaran kooperatif dengan bantuan maple untuk meningkatkan komunikasi dan representasi matematis pada materi limit fungsi siswa kelas X TKJ SMK Negeri 1 Badegan Ponorogo / Widoko. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Widoko. 2014. Pembelajaran Kooperatif dengan Bantuan Maple untuk Meningkatkan Komunikasi dan Representasi Matematis pada Materi Limit Fungsi Siswa Kelas X TKJ SMK Negeri 1 Badegan Ponorogo. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika. Pasca Sarjana. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Cholis Sa dijah M.Pd M.A. (II) Dr. Makbul Muksar S.Pd M.Si. Kata Kunci Limit Fungsi Komunikasi Representasi Maple 12288 12288 12288 Terdapat beberapa masalah pada pembelajaran limit fungsi di kelas X TKJ SMK Negeri 1 Badegan Ponorogo yaitu siswa sering melakukan kesalahan saat menemui bentuk tak tentu hanya menghafal langkah pengerjaan yang dicontohkan guru serta aktifitas komunikasi saat pembelajaran cenderung berjalan searah dan didominasi guru. Masalah tersebut terjadi karena kurangnya pengetahuan siswa akan penggambaran limit fungsi kurangnya interaksi mereka dengan materi serta kurangnya komunikasi dengan teman dan guru dalam kelas. Untuk mengatasi masalah-masalah tersebut maka diperlukan usaha untuk meningkatkan kemampuan representasi dan komunikasi matematis siswa pada materi limit fungsi. 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif berbantuan Maple untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan representasi matematis siswa pada materi limit fungsi. Program Maple dipilih karena sudah dikenal di SMK dan sangat membantu dalam hal mengekplorasi grafik fungsi. Model pembelajaran kooperatif yang digunakan adalah group investigation karena dipandang sesuai untuk mengatasi masalah komunikasi serta sesuai dengan materi limit fungsi. 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif model group investigation dengan bantuan Maple yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dan representasi matematis pada materi limit fungsi kelas X TKJ SMK Negeri 1 Badegan adalah tiap pertemuannya terbagi menjadi 3 tahap yaitu awal inti dan akhir. Kegiatan tahap awal adalah menyampaikan tujuan pembelajaran menyampaikan kegunaan limit fungsi serta memeriksa pengetahuan awal. Tahap inti terdiri dari (1) mengidentifikasi topik yang akan dinvestigasi dan membentuk kelompok belajar (2) merencanakan investigasi dalam kelompok (3) melaksanakan investigasi (4) menyiapkan laporan pekerjaan serta (5) mempresentasikan laporan. Tahap akhir terdiri dari merefleksi pembelajaran dan melakukan penilaian. Untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis guru harus menekankan ketepatan penulisan simbol serta alasan langkah pengerjaan yang dilakukan. Untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis guru harus menekankan pada ketepatan pendefinisian fungsi pengoperasian fungsi interval yang diinginkan ketelitian pada saat membaca skala koordinat serta memperhatikan syarat-syarat fungsi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Jan 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/59477 |
Actions (login required)
View Item |