Pembelajaran guided inquiry bersetting kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan pemahaman turunan fungsi aljabar siswa kelas XI SMA Negeri 8 Barabai / Hini Rahmini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran guided inquiry bersetting kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan pemahaman turunan fungsi aljabar siswa kelas XI SMA Negeri 8 Barabai / Hini Rahmini

Rahmini, Hini (2015) Pembelajaran guided inquiry bersetting kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan pemahaman turunan fungsi aljabar siswa kelas XI SMA Negeri 8 Barabai / Hini Rahmini. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rahmini Hini. 2014. Pemebelajaran Guided Inquiry Bersetting Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Turunan Fungsi Aljabar Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 8 Barabai. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Toto Nusantara M.Si (II) Dr. Abd Qohar M.T Kata Kunci Guided Inquiry Think Pair Share (TPS) pemahaman turunan fungsi aljabar 12288 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan observasi di SMA Negeri 8 Barabai ditemukan fakta bahwa beberapa siswa memiliki kesulitan dalam memahami konsep turunan fungsi aljabar. Selain itu pengalaman peneliti mengajar selama 3 tahun di sekolah tersebut dalam kegiatan pembelajaran ketika siswa diberikan kesempatan untuk berdiskusi dan menanyakan penjelasan yang kurang dipahami siswa cenderung diam dan hanya sedikit sekali siswa yang aktif. Oleh sebab itu guru harus memperbaiki cara mengajar dan merancang suatu metode untuk dapat meningkatkan pemahaman turunan fungsi aljabar siswa. 12288 12288 12288 12288 12288 Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran Guided Inquiry bersetting model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) yang dapat meningkatkan pemahaman turunan fungsi aljabar siswa kelas XI SMA Negeri 8 Barabai. Ada tiga tahap dalam pembelajaran ini yaitu (1) tahap think (berpikir) (2) pair (berpasangan) dan (3) share (berbagi). Guru memberikan bimbingan dengan mengarahkan siswa mendapat jawaban yang benar disini guru berperan sebagai fasilitator dan motivator. Selain itu guru juga memberikan pertanyaan-pertanyaan yang dapat memancing keingintahuan siswa tentang materi yang diajarkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 8 Barabai tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 21 siswa. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data hasil validasi perangkat pembelajaran dan instrumen penelitian hasil kerja siswa di LKS hasil observasi (aktivitas guru dan siswa) hasil tes tertulis dan hasil wawancara terhadap subyek penelitian untuk melengkapi data observasi. 12288 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menunjukkan bahwa Siklus 1 diperoleh hasil observasi aktivitas guru mencapai 80% dengan kriteria baik. Sedangkan observasi aktivitas siswa mencapai 79% dengan kriteria cukup masih belum sesuai dengan apa yang diharapkan. Hasil tes akhir Siklus 1 siswa yang mendapatkan nilai 70 masih belum mencapai kriteria yang diinginkan yaitu 8 dari 21 siswa sehingga dilakukan perbaikan pada Siklus 2. Setelah melakukan perbaikan pada Siklus 2 terjadi peningkatan yaitu hasil observasi aktivitas guru mencapai 85% dengan kriteria baik dan observasi aktivitas siswa meningkat menjadi 88% pada kriteria baik. Hasil tes akhir siklus 2 juga meningkat menjadi 20 siswa dari 21 siswa yang mendapatkan nilai 70. Hal ini menunjukkan meningkatnya pemahaman turunan fungsi aljabar siswa menggunakan pembelajaran guided inquiry bersetting kooperatif tipe think pair share (TPS).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59476

Actions (login required)

View Item View Item