Penerapan group investigation untuk meningkatkan pemahaman matematika siswa kelas VIII pada materi bangun ruang di MTs Ma'arif Udanawu Blitar / Fathul Niam - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan group investigation untuk meningkatkan pemahaman matematika siswa kelas VIII pada materi bangun ruang di MTs Ma'arif Udanawu Blitar / Fathul Niam

Niam, Fathul (2015) Penerapan group investigation untuk meningkatkan pemahaman matematika siswa kelas VIII pada materi bangun ruang di MTs Ma'arif Udanawu Blitar / Fathul Niam. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Niam Fathul. 2014. Penerapan Group Investigation Untuk Meningkatkan Pemahaman Matematika Siswa Kelas VIII Pada Materi Bangun Ruang Di MTs Ma arif Udanawu Blitar. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Abdur Rahman As ari M.Pd. M.A (II) Dr. Edy Bambang Irawan M.Pd. Kata Kunci Group Investigation pemahaman matematika bangun ruang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan penerapan group investigation untuk meningkatkan pemahaman matematika siswa kelas VIII pada materi bangun ruang di MTs Ma arif Udanawu Blitar. Penerapan group investigation dalam penelitian ini menggunakan enam langkah yaitu (1) identifikasi topik dan pembentukan kelompok (2) perencanaan tugas (3) pelaksanaan investigasi (4) penyiapan laporan akhir (5) presentasi hasil kelompok (6) evaluasi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas(PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII MTs Ma arif Udanawu Blitar berjumlah 40 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 30 siswa perempuan. Dalam penelitian ini ada beberapa tahapan yang dilaksanakan yaitu perencanaan pelaksanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa penerapan group investigation yang mampu meningkatkan pemahaman matematika siswa memiliki karakteristik sebagai berikut (1) guru selalu mengadakan tanya jawab tentang materi prasyarat yang dimiliki siswa sampai pemahaman mereka tentang materi prasyarat dipandang memadai untuk melakukan investigasi (2) guru harus selalu berkeliling ke setiap kelompok dan membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami masalah secara individual (3) guru menata posisi tempat duduk siswa dalam setiap pertemuan. . Saran yang dapat dikemukakan untuk pembelajaran berikutnya antara lain (1) bagi guru yang menerapkan group investigation sebaiknya meyakinkan betul bahwa siswa memiliki materi prasyarat yang memadai (2) guru harus aktif berkeliling memantau kemajuan belajar siswanya dan memberikan bantuan yang diperlukan sesegera mungkin (3) guru harus berupaya agar dikesankan memberikan perhatian yang adil kepada siswanya. Pengaturan tempat duduk adalah salah satu di antaranya. Tetapi guru juga perlu mencari strategi yang lain yang menjamin rasa nyaman karena siswa mendapatkan perhatian yang sama dari gurunya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59474

Actions (login required)

View Item View Item