Pengembangan buku siswa bercirikan penemuan terbimbing pada materi fungsi komposisi dan fungsi invers untuk siswa kelas XI SMA / Rahmini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku siswa bercirikan penemuan terbimbing pada materi fungsi komposisi dan fungsi invers untuk siswa kelas XI SMA / Rahmini

Rahmini (2015) Pengembangan buku siswa bercirikan penemuan terbimbing pada materi fungsi komposisi dan fungsi invers untuk siswa kelas XI SMA / Rahmini. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ahmini. 2014. Pengembangan Buku Siswa Bercirikan Penemuan Terbimbing pada Materi Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers untuk Siswa Kelas XI SMA. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Ipung Yuwono M.S. M.Sc (II) Dr. Makbul Muksar S.Pd M.Si. Kata Kunci Pengembangan Buku Siswa Penemuan Terbimbing 12288 12288 12288 12288 Rumusan penelitian ini adalah bagaimana proses dan hasil pengembangan buku siswa bercirikan penemuan terbimbing materi fungsi komposisi dan fungsi invers kelas XI SMA yang valid efektif dan praktis . Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan buku siswa yang bercirikan penemuan terbimbing pada materi Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers Kelas XI SMA yang valid praktis dan efektif. 12288 12288 12288 12288 Model yang digunakan untuk mengembangkan buku siswa adalah model Plomp yang terdiri dari 3 fase yaitu (1) preliminary research (penelitian awal) (2) prototyping phase (fase desain) dan (3) assessment phase (fase penilaian). Untuk mendukung pengembangan buku siswa pada penelitian ini juga menguji instrumen yang disusun yaitu lembar validasi lembar observasi tes penguasaan materi dan angket respon siswa sehingga memenuhi ketiga kriteria yang telah ditetapkan. Pengujian ketiga kriteria tersebut dilakukan dengan cara validasi dan uji coba lapangan. 12288 12288 12288 12288 Buku siswa dan RPP divalidasi oleh validator ahli dan satu guru matematika SMA dengan cara berdiskusi. Hasil validasi yang diperoleh menyatakan bahwa buku siswa dan RPP memenuhi kriteria kevalidan. Setelah validasi produk yang dikembangkan diujicobakan pada siswa SMA untuk mengukur kepraktisan dan keefektifan. 12288 12288 12288 12288 Kepraktisan buku siswa didasarkan pada aktivitas guru dan keterlaksanaan penggunaan buku siswa dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi maka tingkat kepraktisan buku siswa memenuhi kategori tinggi sehingga dinyatakan praktis. 12288 12288 12288 12288 Keefektifan buku siswa diukur berdasarkan tiga aspek yaitu ketuntasan belajar aktivitas siswa dan respon siswa. Ketuntasan belajar dilihat dari nilai latihan dan tes penguasaan materi. Semua siswa memperoleh nilai di atas KKM untuk nilai latihan. Sedangkan pada tes penguasaan materi terdapat tiga orang siswa yang memperoleh nilai di bawah 70. Hal ini dikarenakan siswa tersebut kurang teliti dalam menyelesaikan soal. Akan tetapi nilai ketuntasan belajar kelas memenuhi kriteria baik. Berdasarkan hasil observasi diperoleh bahwa aktivitas siswa memenuhi kriteria aktif. Selain itu berdasarkan angket respon siswa menunjukkan bahwa respon kelas positif terhadap buku siswa yang dikembangkan. Oleh karena itu berdasarkan ketiga aspek keefektifan tersebut maka buku siswa dinyatakan memenuhi kriteria efektif. 12288 12288 12288 12288 Kekurangan buku siswa bercirikan penemuan terbimbing adalah proses pembelajaran dengan penemuan terbimbing masih belum banyak digunakan oleh guru sehingga memerlukan waktu untuk mempelajari model pembelajaran terlebih dahulu karena buku ini tidak terlepas dari peran guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59473

Actions (login required)

View Item View Item