Fuat (2015) Pengembangan buku ajar geometri yang membangun kemampuan membuktikan / Fuat. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Fuat. 2014. Pengembangaan Buku Ajar Geometri yang Membangun Kemampuan Membuktikan. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Toto Nusantara M.Si (II) Dr. I Nengah Parta M.Si Kata Kunci Buku Ajar Geometri dan Kemampuan Membuktikan Geometri merupakan bagian dari matematika yang membelajarkan kemampuan membuktikan. Kemampuan membuktikan terdiri dari kemampuan mengkonstruk bukti dan memvalidasi bukti merupakan salah satu kompetensi wajib yang harus dikuasai oleh mahasiswa S1 program studi pendidikan matematika. Dalam pelaksanaan pembelajarannya mahasiswa masih banyak mengalami kesulitan dan belum memenuhi tujuan dari mata kuliah tersebut. Perlu adanya kesesuaian antara kurikulum sebagai fakta yang harus dipenuhi dengan dosen dan pengembang buku ajar. Oleh sebab itulah peneliti bermaksud mengadakan penelitian pengembangan untuk menghasilkan buku ajar geometri yang membangun kemampuan membuktikan yang valid praktis dan efektif. Mengkonstruksi bukti pada penelitian ini ditunjukkan dengan kegiatan mengidentifikasi hipotesis dan konklusi membuat rencana (merumuskan langkah utama bukti) dan menulis bukti terdiri atas memilih model bukti (bukti dua kolom bukti alir atau bukti paragraf) berdasarkan pola pikir dan manipulasi obyek matematika dalam menunjukkan kebenaran suatu pernyataan. Sedangkan memvalidasi ditunjukkan dengan mengecek runtutan serta kebenaran pernyataan dan alasan yang disajikan serta memberikan alasan pada setiap pernyataan yang telah disajikan. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan dengan model Plomp. Subyek penelitiannya adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Pasuruan yang mengikuti mata kuliah geometri I yaitu semester II kelas 2013C Tahun Akademik 2013-2014. Buku ajar GMKM yang dikembangkan dapat dikategorikan pada kriteria valid praktis dan efektif. Kriteria valid dikarenakan rerata kevalidan buku ajar GMKM adalah 3 6. Kriteria praktis dikarenakan kategori keterlaksanaan buku ajar GMKM tergolong tinggi yaitu dengan nilai 3 9. Sedangkan kriteria efektif dikarenakan aktivitas mahasiswa mendapat nilai 3 8 yang dapat dikategorikan pada aktivitas tinggi prosentase mahasiswa yang merespon positif secara keseluruhan 93% dan dapat dikatakan mahasiswa merespon positif serta prosentase mahasiswa yang sudah menguasai adalah 96% dan dapat dikatakan bahwa kemampuan membuktikan mahasiswa sudah terbangun.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Jan 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/59472 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |