Penggunaan number sense dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan hasil belajar trigonometri siswa kelas X SMAN Negeri 7 Barabai / Juairiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan number sense dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan hasil belajar trigonometri siswa kelas X SMAN Negeri 7 Barabai / Juairiyah

Juairiyah (2015) Penggunaan number sense dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan hasil belajar trigonometri siswa kelas X SMAN Negeri 7 Barabai / Juairiyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Juairiyah. 2014. Penggunaan Number Sense dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Trigonometri Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Barabai. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Abdur Rahman As ari M.Pd M.A. (II) Dr. Makbul Muksar S.Pd M.Si Kata Kunci number sense hasil belajar materi trigonometri Abstrak Number sense adalah satu hal yang penting dalam pembelajaran matematika. Salah satu materi matematika yang didukung oleh kemampuan number sense adalah materi trigonometri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan number sense dalam pembelajaran matematika yang dapat meningkatkan hasil belajar trigonometri siswa SMAN 7 Barabai tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas X.1 SMA Negeri 7 Barabai sebanyak 21 siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa. Pada hasil penelitian pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa adalah 67% dan pada siklus II adalah 73%. Berdasarkan data hasil penelitian dari penggunaan number sense dalam pembelajaran matematika yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa SMAN 7 Barabai adalah sebagai berikut (a) guru mengalokasikan waktu yang lebih banyak pada diskusi kelompok untuk pemberian number sense pada materi trigonometri sub pokok bahasan perbandingan trigonometri pada sudut berelasi. Pemberian number sense yang dimaksud adalah pemberian soal-soal yang berkaitan dengan materi sebelumnya (materi prasyarat) yang di lakukan dengan tanya jawab. Materi prasyarat yang diberikan adalah teorema Pythagoras perkalian bentuk akar merasionalkan bentuk pecahan pembagian bilangan mengubah bentuk rad dalam bentuk derajat dan dilakukan guru dalam bentuk bimbingan baik secara individu maupun kelompok pada saat berlangsungnya diskusi kelompok (b) latihan number sense diberikan oleh guru yang dapat meningkatkan hasil belajar dilakukan dengan cara berulang-ulang (c) pemberian jeda (pausing) saat tanya jawab number sense memberikan kesempatan yang sama bagi semua siswa agar memiliki waktu optimal sehingga dapat memberikan jawaban yang lengkap terhadap soal-soal yang diberikan. Saran yang perlu dipertimbangkan adalah sebagai berikut 1) Pada penelitian berikutnya sebaiknya soal yang digunakan adalah soal yang banyak memuat operasi hitung sehingga siswa lebih terampil dalam menyelesaikan soal. 2) Penelitian ini hanya memfokuskan pada satuan derajat oleh karena itu dapat dikembangkan satuan radian pada LKS dengan melibatkan fungsi-fungsi trigonometri. 3) Pada penelitian ini LKS nya belum konstruktivis maka diharapkan pada penelitian berikutnya LKS disusun secara konstruktivis sehingga merangsang siswa berpikir aktif dan kritis serta dapat menemukan dan menerapkan ide-ide mereka sendiri.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59471

Actions (login required)

View Item View Item